Home Internasional Rishi Sunak Menang Putaran Pertama Calon PM Inggris

Rishi Sunak Menang Putaran Pertama Calon PM Inggris

London, Gatra.com - Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak memenangkan voting putaran pertama oleh para anggota parlemen untuk memilih calon pemimpin Partai Konservatif sekaligus Perdana Menteri Inggris selanjutnya setelah Boris Johnson mengundurkan diri.

Sunak mendapatkan 88 suara, diikuti Menteri Perdagangan Penny Mordaunt dengan 67 suara dan Menlu Liz Truss dengan 50 suara.Mantan

Menkeu terakhir sebelum Johnson mundur, Nadhim Zahawi dan mantan Menkes Jeremy Hunt tereliminasi di putaran pertama ini karena gagal mengumpulkan lebih dari 30 suara.

Diharapkan pada pekan mendatang sudah muncul 2 kandidat yang akan dipilih oleh 160 ribu anggota Partai Konservatif. Sementara hasilnya akan diumumkan pada 5 September.

Enam kandidat yang masih tersisa yakni, Rishi Sunak, Penny Mordaunt, Liz Truss, Kemi Badenoch, Tom Tugendhat, Suella Bravermann, berlomba mendapatkan dukungan dari Nadhim Zahawi dan Jeremy Hunt.

Kepada BBC, Jeremy Hunt menyatakan akan mendukung Rishi Sunak.

Sementara Rishi Sunak, yang sempet dikritisi karena terseret dalam insiden PartyGate bersama Boris Johnson, mengatakan hasil putaran pertama “bagus” untuk dirinya.

123