Home Internasional Presiden Palestina Bertemu Presiden Joe Biden di Betlehem

Presiden Palestina Bertemu Presiden Joe Biden di Betlehem

Yerusalem, Gatra.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba di kota alkitabiah Bethlehem di Tepi Barat yang diduduki pada hari Jumat, untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Biden diberi buket bunga oleh sepasang anak Palestina saat dia tiba. Dia meletakkan tangannya di dadanya saat sebuah band Palestina memainkan lagu kebangsaan AS, sebelum memasuki kantor Abbas.

Pertemuan singkat dengan pemimpin Palestina itu terjadi setelah dua hari pembicaraan nonstop dengan para pemimpin Israel. Biden kemudian melanjutkan perjalanan ke Arab Saudi untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Arab.

Di Tepi Barat, Biden diperkirakan akan mengumumkan sekitar US$200 juta bantuan tambahan kepada Palestina, setelah menjanjikan US$100 juta ke rumah sakit yang melayani warga Palestina di Yerusalem timur, pada Jumat pagi.

Saat menyuarakan dukungan untuk negara Palestina, Biden diperkirakan tidak akan mengeluarkan pernyataan inisiatif diplomatik baru selama kunjungannya itu.

Para pejabat Palestina telah menyatakan kekecewaannya atas ketidakmampuan AS untuk memulai kembali pembicaraan damai.

Dalam perjalanannya dari Yerusalem, iring-iringan mobil Biden melewati papan iklan yang dipasang oleh kelompok hak asasi manusia Israel yang mengatakan, “Tuan. Presiden, ini apartheid.”

Kelompok hak asasi manusia mengatakan perlakuan Israel sama dengan apartheid. Israel menolak tuduhan itu dan menganggap sebagai serangan terhadap legitimasinya.

127