Home Ekonomi Generasi Milenial Dituntut Melek Literasi Keuangan

Generasi Milenial Dituntut Melek Literasi Keuangan

Klaten, Gatra.com – Perusahaan pembiayaan WOM Finance mendorong generasi milenial untuk melek literasi keuangan. Salah satu langkahnya melalui pelatihan yang dilakukan di kantor Titian Foundation, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten.

Kepala Cabang WOM Finance Klaten, Maryanto, mengatakan pemberian materi literasi keuangan ini diharapkan bisa bermanfaat bagi generasi muda. Literasi tersebut mulai dari pengenalan hingga edukasi terkait keuangan dan produk keuangan.

”Kami memberikan pelatihan perencanaan keuangan pada para pelaku usaha, termasuk dalam program Titian Foundation,” katanya melalui rilis yang diterima Gatra.com, Senin (18/7).

Melalui pelatihan ini, pihaknya berharap generasi milenial makin tahu trik mengatur keuangan di era digital. Pelatihan diikuti 30 pelaku usaha di Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. ”Untuk pelatihan serupa akan kami berikan ke beberapa daerah lainnya,” kata Maryanto.

Pendamping penerima beasiswa Titian Foundation, Nisa’u Fadiyah, mengatakan para peserta pelatihan merupakan penerima beasiswa dari Yayasan Titian yang sudah lulus SMK/SMA. Saat ini sebagian mereka berstatus mahasiswa atau bekerja.

”Sebagian dari mereka belum fasih dalam hal keuangan,” katanya.

Titian Foundation Bayat didirikan 15 tahun lalu untuk membantu warga Klaten yang terdampak gempa di Yogyakarta. Yayasan itu berpusat di Bayat karena wilayah itu mengalami dampak gempa paling parah.

Di samping pemberdayaan bagi warga Bayat, yayasan tersebut juga memberi beasiswa bagi para siswa SMA/SMK selama tiga tahun hingga lulus. Ia mengatakan hingga kini ada sekitar 800 siswa SMA/SMK yang menjadi menerima beasiswa Titian Foundation.

"Jadi kami sudah meluluskan 15 angkatan. Setiap angkatan rata-rata penerima beasiswa 70-80 anak," katanya.