Home BUMN Raih Nilai Terbaik Penerapan Core Value BUMN, Semen Gresik Sabet AKHLAK Award 2022 Klaster Jasa Infrastruktur

Raih Nilai Terbaik Penerapan Core Value BUMN, Semen Gresik Sabet AKHLAK Award 2022 Klaster Jasa Infrastruktur

Rembang, Gatra.com - PT Semen Gresik menyabet penghargaan AKHLAK Award 2022 yang diselenggarakan lembaga independen ACT International Consulting. PTSG mendapatkan nilai terbaik untuk kategori Anak Perusahaan BUMN Klaster Jasa Infrastruktur.

Penghargaan diserahkan dan disaksikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri BUMN Erick Tohir, dan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron secara daring kepada Direktur Utama Semen Gresik Subhan.

AKHLAK Award 2, digelar sebagai wujud komitmen refleksi dua tahun atas implementasi nilai-nilai budaya AKHLAK (singkatan Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) yang merupakan core values di lingkungan BUMN.

Direktur Utama PTSG Subhan menyampaikan rasa syukur, terima kasih dan apresiasi atas penghargaan tersebut. Dia menilai, capaian ini sebagai bentuk keberhasilan perusahaan melakukan transformasi menyeluruh, tidak hanya model bisnis dan operasionalnya, tapi juga transformasi human capital atau sumber daya manusia.

‘’Merupakan kebanggaan bagi Semen Gresik menerima penghargaan ini. Saya berterima kasih kepada seluruh lini perusahaan yang telah bekerja keras dan konsisten memberikan kontribusi aktifnya dalam implementasi core value AKHLAK di lingkungan kerja,” kata Subhan dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/7).

Subhan menambahkan, prestasi ini juga mencerminkan adanya internalisasi AKHLAK dalam diri karyawan PTSG. Dia mengharapkan penghargaan ini mampu menjadi pemacu bagi segenap unsur manajemen, hingga pimpinan unit dan karyawan untuk semakin bersemangat dan aktif menerapkan nilai AKHLAK dalam pelayanannya.

"Sebagai anak perusahaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG), kami akan terus menerapkan nilai dasar akhlak secara nyata dan konsisten, sehingga diharapkan berkerja unggul dan kompetitif demi kemajuan pembangunan infrastruktur di Indonesia,” sebutnya.

Karyawan PT Semen Gresik melakukan kontrol terakhir produk di bagian packer sebelum pendistribusian. (Dok.PTSG)

Direktur ACT Consulting International, Ali Zainal Abidin mengatakan penilaian dilakukan melalui pengukuran AKHLAK Culture Health Index (ACHI) terhadap 141 BUMN dan anak perusahaannya periode Juli 2021 sampe Juni 2022.

“Terlihat ada peningkatan dibanding tahun lalu bahwa BUMN rata-ratanya 50,1% dengan rincian nilai Amanah 51,4%, Kompeten 48,8%, Harmonis 46,5%, Loyal 39,3%, Adaptif 43,1%, Kolaboratif 53,1%,” jelas Ali Zainal Abidin.

Tambah Ali Zainal, Akhlak Award 2022 di BUMN menjadi contoh kolaborasi dan harmonisasi untuk membangun ekosistem budaya AKHLAK secara nasional.