Home Kebencanaan Black Box Pesawat Tempur T50i Ditemukan

Black Box Pesawat Tempur T50i Ditemukan

Blora, Gatra.com - Proses pencarian puing - puing serpihan pesawat tempur T50i yang jatuh di kawasan perbukitan di Desa Ngginggil Kecamatan Kradenan Kabupaten Blora jawa tengah terus dilakukan petugas gabungan. Selain menemukan serpihan dan potongan mayat, petugas juga telah menemukan kotak hitam pesawat atau black box.

Black box atau kotak hitam pesawat ditemukan anggota TNI di radius kurang lebih 500 meter dari lokasi jatuhnya pesawat.

"Tutupi, tutupi, bawa ke atas," kata salah satu petugas.

Penemuan kotak hitam pesawat ini juga dibenarkan oleh wakil Bupati Blora Tri Yuli Setyowati yang memantau langsung proses pencarian. "Yang paling penting kotak hitam sudah ditemukan jam 10 tadi. Dan sudah dibawa menggunakan helikoper puma ke Madiun," katanya.

Wabup mengungkapkan, proses evakuasi pesawat direncanakan selesai pada hari ini. Puing-puing pesawat juga akan langsung dibawa ke Lanumad Iswahyudi Madiun.

"Operasi diusahakan selesai hari ini. Dan puing puing pesawat yang besar akan dibawa menggunakan pesawat sementara yang kecil-kecil akan dibawa turun menggunakan kendaraan," jelasnya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lokasi,  tempat jatuhnya pesawat tempur milik TNI AU jauh dari pemukiman. Jarak dari pemukiman ke lokasi kejadian sekitar 3 kilometer dengan kondisi geografis yang cukup terjal.

Selain itu, di sekitar TKP juga terdapat lembah yang cukup curam. Saat ini, sebuah helikopter juga masih berputar-putar di udara.

Diketahui, Pesawat T-50i Golden Eagle diterbangkan oleh Lettu Pnb Allan Safitra Indera W mengalami kecelakaan saat latihan night tactical intercept.

Pesawat tail number TT-5009 take off dari Lanud Iswahjudi pukul 18.24 WIB. Kemudian pilot pesawat T-50 i Golden Eagle terakhir melakukan kontak dengan flight director pada pukul 19.25 WIB.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS