Home Ekonomi IFBC 2022 Tawarkan Cara Mudah Berwirausaha, Momentum Melakukan “The Great Rebound”

IFBC 2022 Tawarkan Cara Mudah Berwirausaha, Momentum Melakukan “The Great Rebound”

Semarang, Gatra.com - Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2022 hadir di Kota Semarang, Jawa Tengah. Acara digelar di UTC Convention & Hotel Semarang, 22-24 Juli 2022.

Kegiatan IFBC 2022 Semarang kali ini memasuki tahun rangkaian ke-16, dan rangkain kota kedua dari 4 kota tujuan, yakni Tangerang, Semarang, Surabaya, dan Jakarta. Di Semarang, acara yang mengusung tema “Ready, Get Set, Grow” ini dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maemoen.

Taj Yasin mengaku sangat senang dengan adanya event seperti ini. Menurutnya, setelah lama di hantam Covid-19, maka saatnya bangkit. “Sehingga ekonomi tumbuh, meningkatkan untuk kesejahteraan masyarakat. Misal mau berwirausaha, di sini tempatnya mencari referensi yang pas,” ujarnya.

Penyelenggara acara, Asosiasi Franchise Indonesia bekerjasama dengan Neo Expo Promosindo menyatakan, pameran franchise IFBC 2022 di Semarang merupakan salah satu upaya untuk menghadirkan solusi dan cara mudah berwirausaha.

“Setelah 2 tahun pandemi menginfiltrasi ekonomi dunia, tahun ini merupakan momentum yang penting bagi wirausaha nasional Indonesia untuk melakukan “The Great Rebound”. Sekaligus memperkuat suatu ketahanan wirausaha,” ujar Publik Relation PT Neo Expo Promosindo Fredy Ferdianto.

Konsep bisnis waralaba (franchise), katanya, banyak dipilih pemilik modal karena terbukti sustainable dan menguntungkan. “Tidak hanya ragam usaha kekinian, pengunjung juga dapat mengikuti kurasi produk kerajinan dan fashion siap ekspor secara gratis,” terangnya.

Adapula, beragam talkshow wirausaha insfightful di panggung acara. Selama pameran, pengunjung disuguhkan dengan berbagai penawaran khusus dan inspirasi bisnis.

“Ini juga dalam rangka mendukung program Pemerintah untuk terus mendorong munculnya wirausaha baru agar dapat mencapai target ekonomi emas pada 2045 sebanyak 4%, serta mendukung program Kementerian Koperasi dan UKM agar dapat mempercepat penambahan satu juta UMKM baru, khususnya pada sektor waralaba dan peluang usaha,” terang Fredy Ferdianto.

Acara yang telah diselenggarakan sejak tahun 2006 ini telah mendapatkan respon positif dari masyarakat khususnya para pelaku industri waralaba nasional.

Pertumbuhan waralaba di tahun 2021 tercatat ada 113 pemberi waralaba dalam negeri baru yang memiliki STPW (Surat Tanda Pendaftaran Waralaba), naik 5% dari tahun sebelumnya. “Semua bisa berkontribusi menumbuhkan perekonomian selepas pandemi ini dengan berwirausaha,” tegasnya.

Suasana pembukaan Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2022 di Kota Semarang, Jawa Tengah. (IST)

Kegiatan yang disponsori oleh Gojek ini juga menawarkan solusi transportasi penunjang bisnis bagi para pelaku usaha di Jawa Tengah. Berbagai macam bisnis franchise dan peluang usaha di kegiatan pameran IFBC 2022 ini juga menawarkan ragam peluang usaha bagi masyarakat umum, mulai dari Rp5 juta hingga ratusan juta rupiah.

Pada sektor bisnis retail terdapat Alfamart (kebutuhan harian), Air Minum Biru (retail air minum isi ulang higinis), Erafone (retail gawai), Patina Design (retail lantai SPC), Utomodeck (retail atap solar panel & atap rangka baja), dan Shirudo Lab (retail produk kesehatan).

Ragam usaha keninian pada segmen kuliner yang bisa dikunjungi antara lain Kebab Turki Babarafi, Pide Turkish Pizza, Container Kebab, Ngikan, Nyapii, C’Bezt Fried Chicken. Adapula, Tukuo Dimsum, Yasaka Fried Chicken, Oppa Corn Dog, Ayam Gepuk Pak Gembus, Wong Brebes Miliarder, Basreng & Cimol Ceunah, Dikwaa Cake, Bakso Kampungqu, Roti Ropi, Gembong Happy, Hore Steak.

Pengunjung juga bisa menemui ragam bisnis minuman milenial seperti Menantea, Chocochiz, Meenum, Fill-Me, dan Es Teler Kapten.

Sedangkan bisnis binatu (laundry) yang tidak pernah sepi penggemarnya, bisa menemui usaha seperti Speed Queen, Washteria, dan LG Netto Laundromat. Bisnis menarik lainya yang dapat dikunjungi; Kiara Ecoprint (retail fesyen), Importir.org, Entrepreneurs.id, dan CloudKitchen.id.

Kegiatan seru tiga hari ini diikuti juga oleh UKM lokal, antara lain Arva Kripik Tempe, Iwak Nyuzz, Eca Hanmade, Ninggara, Angelove Bakery, Kova Cake, dan Kiara Ecoprint Jepara. Untuk menunjang kinerja bisnis, hadir antara lain; Ralali.com, Iseller POS, D’Retail POS, Evlogia Organizer, dan Indonetwork.co.id.

Untuk konsultasi perkembangan bisnis, ada sejumlah stan antara lain DK Consulting, Sahabat UMKM, dan Asosiasi Franchise Indonesia.

Selain itu ada penghargaan “IFBC Franchise & Business Opportunity 2022; Waralaba Padat Karya, Akademisi Waralaba Indonesia Jawa Tengah, Inspirational Womenpreneur 2022 Central Java, Promising Business Opportunity, Sustainable Business, hingga Best B2B Provider 2022.

Penghargaan IFBC Akademisi Waralaba diberikan kepada Dorojatun Prihandono dari Universitas Negeri Semarang (Unnes). Adapun apresiasi IFBC Franchise & Business Concept 2022 diberikan kepada berbagai kategori.

Kategori IFBC Waralaba Padat karya Jawa Tengah diberikan kepada Alfamart. Katergori IFBC Sustainable Franchise Award 2022 diberikan kepada Air Minum Biru. Kategori IFBC Promosing Business Opportunity 2022 diberikan kepada Erafone.

Sementara, Kategori IFBC Local Focus Franchise & Business Oportunity 2022 diberikan kepada Melia Laundry, Balck Kebab, dan Bakso Kampungqu.Kategori IFBC Established Business Opportunity 2022 diberikan kepada Speedqueen Laundry. Kategori IFBC Best B2B Provider 2022 diberikan kepada Ralali.com

IFBC Inspirational Womenpreneur 2022 diberikan kepada Aida Noplie Chandra, pengusaha Multi Bisnis di Semarang, Jawa Tengah.