Home Ekonomi Pajang Mini EV, DFSK Yakin Pabrik Cikande Bisa Produksi Mobil Listrik Sendiri

Pajang Mini EV, DFSK Yakin Pabrik Cikande Bisa Produksi Mobil Listrik Sendiri

Jakarta, Gatra.com - Tren mobil listrik berdimensi mungil semakin kuat dengan hadirnya DFSK Mini EV, yang diperkenalkan untuk pertamakalinya dalam pameran mobil listrik PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jumat (22/7/2022).  Sebelumnya Wuling sudah memperkenalkan Air EV yang juga mungil.

"Kami dengan bangga memperkenalkan serta menjadi penampilan khusus di PEVS 2022 yakni Mini EV. Sebuah kendaraan listrik compact yang sangat lincah, memiliki mobilitas yang tinggi, serta tetap memperhatikan gaya pengendaranya sehingga sangat cocok untuk mengarungi lalu lintas di area perkotaan yang padat dan berkarakter ‘stop n go’," ungkap Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi. PT Sokonindo Automobile adalah produsen dan distributor mobil DFSK di Indonesia.

Mini EV tersebut merupakan kendaraan sama yang telah diproduksi massal di China. Model ini diluncurkan di Cina sekitar enam bulan lalu. Rofiqi menambahkan pihaknya sengaja membawa mobil listrik tersebut ke Indonesia untuk melihat animo masyarakat di Tanah Air.

"Kita akan lihat nanti dari hasil riset kita. Saat ini kita sedang memperlihatkan mobil ini ke masyarakat. Nanti kita akan simpulkan akan diproduksi di sini, akan impor, atau akan di-launching kapan kita perhatikan bersama," kata Rofiqi.

DFSK hadir di Hall B3 floor A3 dengan menampilkan 3 kendaraan listrik sekaligus.Ketiganya ini melambangkan semangat serta langkah nyata DFSK untuk menghadirkan berbagai kendaraan listrik yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan mobilitas masyarakat sehari-hari.

Para pengunjung DFSK bisa menyaksikan secara langsung DFSK Gelora E Minibus dan Blind Van untuk menunjang berbagai sektor usaha melalui mobilitas yang efisien dan ramah lingkungan. Bahkan DFSK Gelora E sudah bisa dibeli oleh konsumen dan menjadi kendaraan listrik niaga pertama dan satu-satunya yang dipasarkan di Indonesia.

Komitmen pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air tidak hanya sebatas pengenalan teknologi untuk produk-produk yang ditawarkan. DFSK memiliki semangat untuk memberikan teknologinya melalui transfer knowledge yang ditunjukan melalui Pabrik DFSK yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten.

Pabrik DFSK didirikan dengan penggunaan teknologi terkini, yakni industri 4.0, yang sudah mengadopsi teknologi di setiap lini produksinya. Teknologi robotik ini mengadopsi lengan robotik yang mendapatkan dukungan operasi otomatis melalui pemanfaatan internet untuk koordinasinya. Alhasil, membantu para Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki oleh DFSK bisa bekerja lebih maksimal dalam menghadirkan kendaraan-kendaraan yang berkualitas dan sudah terbukti di berbagai negara.

Berkat teknologi tinggi yang diterapkan ini, DFSK mengumumkan bahwa pabrik ini memiliki kemampuan dan sanggup untuk memproduksi kendaraan listrik yang syarat akan teknologi tinggi. Semua kemampuan yang dimiliki oleh Pabrik DFSK menjadikannya sebagai salah satu pabrik otomotif tercanggih yang dimiliki oleh industri otomotif nasional.

"Kami memastikan bahwa pabrik ini siap untuk memproduksi berbagai model dan jenis kendaraan listrik untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Semua yang sudah dilakukan DFSK, termasuk kehadiran di PEVS 2022, menjadi bentuk komitmen kami dalam mengembangkan industri otomotif Indonesia lebih baik dan besar lagi di masa mendatang," pungkas Achmad Rofiqi.