Home Ekonomi Dibuka Menko Perekonomian dan Menperin, Pekan Raya Kendal Catatkan Sejarah Baru

Dibuka Menko Perekonomian dan Menperin, Pekan Raya Kendal Catatkan Sejarah Baru

Kendal, Gatra.com - Pekan Raya Kendal (PRK) - Kendal Expo 2022 menjadi catatan sejarah baru yang tak terlupakan bagi masyarakat kabupaten setempat.
 
Pasalnya, pesta rakyat dalam memperingati Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal, selain dibuka Bupati Kendal Dico M Ganinduto juga dibuka 2 menteri sekaligus, yakni Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.
 
Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Nurdin Halid juga ikut meresmikan dibukanya PRK - Kendal Expo 2022, karena kegiatan tersebut bersamaan dengan digelarnya puncak peringatan Hari Koperasi ke 75. 
 
Acara tersebut juga dihadiri Ketua Komisi X DPR RI Dito Ganinduto, dan sejumlah anggota DPR RI serta puluhan kepala daerah dari berbagai wilayah di Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 23 kepala daerah mendapatkan penghargaan sebagai tokoh penggerak koperasi.
 
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku sangat mengapresiasi dibukanya PRK Kendal Expo 2022 yang melibatkan kegiatan keagamaan. 
 
Terkait dengan diberikannya penghargaan kepada 23 tokoh kepala daerah yang menjadi penggemar koperasi, Airlangga mendorong kepala daerah untuk lebih menggerakkan lagi perkoperasian.
 
"Koperasi sebagai pilar ekonomi rakyat, Bapak Presiden memberikan arahan agar koperasi terus dikembangkan dan dalam RPJMN telah diamanatkan bahwa pengembangan koperasi harus berkontribusi terhadap perekonomian," kata Airlangga.
 
Dijelaskan, koperasi pada tahun 2019 telah berkontribusi terhadap PDB sebanyak 5,% dan akan terus ditingkatkan bisa mencapai 5,5% di tahun 2024.
 
Indonesia memiliki sekitar 236.000 koperasi dan volume usaha Rp193,45 triliun dan memiliki anggota sebanyak 20,96 juta orang. "Di Kendal sesuai dengan yang disampaikan bupati, terdapat 587 koperasi dan yang aktif hanya 246. Tentu ini harus dioptimalkan. Apalagi sudah mendapatkan dana hibah dari Pemkab Kendal," tegasnya.
 
Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid mengatakan, puncak peringatan Hari Koperasi yang digelar di Stadion Kendal diikuti jutaan pegiat koperasi dari seluruh Indonesia melalui daring.
 
"Di sini yang dari Kendal hadir 6.000 peserta, dari Jateng 2.000 peserta dan ribuan peserta lainnya dari Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi," katanya.
 
Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-417 Kabupaten Kendal pada tanggal 28 Juli 2022 nanti, Pemerintah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah menyelenggarakan Pekan Raya Kendal, selama satu minggu ke depan.
 
Dengan mengusung tema pulih bersama bangkit lebih hebat, Pekan Raya kendali ini menjadi salah satu langkah awal Kendal untuk recovery, baik secara sosial maupun secara ekonomi.
 
Salah satu rangkaian acara PRK adalah Kendal Expo yang memadukan konsep hiburan, budaya, ekonomi kerakyatan, keagamaan dalam satu wadah.
 
"Harapannya Pekan Raya Kendal akan menjadi event yang menandakan pemulihan dan pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 dan lebih baik lagi dari sebelum Covid-19," jelas Dico.