Home Internasional Pelosi Diperkirakan Tetap ke Taiwan Selasa Esok, Berani?

Pelosi Diperkirakan Tetap ke Taiwan Selasa Esok, Berani?

Beijing, Gatra.com - Ketua DPR Amerika Serikat Nancy Pelosi direncanakan mengunjungi Taiwan pada hari Selasa (2/08) esok, meski China mengancam bahwa pihak militer tidak akan tinggal diam apabila Pelosi tetap mengunjungi pulau tersebut.

Pelosi, yang Senin (1/08) ini mengunjungi Singapura, direncanakan akan menginap semalam di Taiwan, demikian menurut sumber Reuters.

Pihak Kementerian Luar Negeri Taiwan menolak untuk memberikan komentar atas hal tersebut.

Meski isu kedatangan Pelosi di Taiwan masih simpang siur, namun perwakilan dari kantor Pelosi telah menyatakan bahwa kunjungan Pelosi ke Asia ini hanya keempat negara yakni Singapura, Malaysia, Jepang dan Korea Selatan. Taiwan tidak disebutkan sama sekali.

Seorang sumber mengatakan kepada Reuters bahwa Washington DC telah menerima informasi mengenai kunjungan Pelosi ke Taiwan pada hari Selasan. Bahkan sudha diagendakan akan ada pertemuan antara Pelosi dengan beberapa aktivis anti China selama ia di taiwan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian sebelumnya telah mengatakan apabila Pelosi tetap mengunjungi Taiwan, hal itu merupakan gangguan yang sangat kasar terhadap urusan dalam negeri China dan itu akan membawa konsekuensi yang sangat serius.

“Kami tidak segan-segan untuk memberitahu Amerika Serikat, sekali lagi, bahwa China dan pihak militer China tidak akan tinggal diam dan China akan mengambil tindakan dan balasan yang cukup tegas untuk mempertahankan kedaulatan dan integritas wilayahnya,” kata Zhao dalam brieging hariannya.

1499