Home Olahraga Sarina Wiegman Catatkan Rekor, Angkat Piala dengan 2 Negara Berbeda

Sarina Wiegman Catatkan Rekor, Angkat Piala dengan 2 Negara Berbeda

London, Gatra.com – Timnas Inggris berhasil menjadi juara UEFA Women’s EURO 2022. Inggris mengalahkan Jerman dengan skor 2-1 di babak final yang berlangsung di Inggris.

Hasil ini sekaligus membuat Sarina Wiegman mencatatkan rekor tersendiri. Dia menjadi pelatih pertama yang memimpin dua tim berbeda meraih gelar juara. Wiegman juga pelatih asing pertama yang memenangkan final.

Baca Juga:

Nottingham Forest Angkut 11 Pemain, Habiskan Dana Rp1,44 Triliun

Sebelum membesut Inggris, Weigman menangani timnas Belanda. Weigman yang juga warga Belanda ini berhasil membawa negaranya menjadi juara Eropa pada 2017 silam. Belanda menundukkan Demnark dengan skor 4-2 di partai final.

Pada tahun 2021, Weigman diangkut untuk menangani Inggris. Catatannya pun mengkilap, sebelumnya akhirnya membawa Inggris menjadi juara Eropa untuk pertama kalinya.

Di EURO 2022 ini, Inggris juga tampil sangat impresif. Mereka mampu mencetak 22 gol selama kompetisi. Kemenangan besar mereka bukukan di penyisihan grup atas Norwegia dengan skor 8-0.

Baca Juga:

Inggris Juara UEFA Women's EURO 2022

“Apa yang telah kami lakukan luar biasa. Saya tahu kami memiliki Inggris di belakang kami-kami melihat itu datang ke stadion. Tetapi seluruh turnamen kami mendapat banyak dukungan dari penggemar kami. Saya sangat senang bangga dengan tim,” tegasnya.

Saat menjadi pemain, pelatih kelahiran 26 October 1969 ini tercatat hanya membela satu klub, yakni Ter Leede. Namun bersama klub ini, dia juga tetap mampu menembus timnas Belanda.

Total, Wiegman sudah mencatatkan 99 penampilan bersama Timnas Belanda dan mencetak 3 gol.

80