Home Internasional Airbus Hentikan Kesepakatan Jet A350 yang Tersisa dengan Qatar Airways

Airbus Hentikan Kesepakatan Jet A350 yang Tersisa dengan Qatar Airways

Doha, Gatra.com - Airbus telah mencabut seluruh pesanan pesawat dari Qatar Airways untuk jet A350, dan memutuskan semua bisnis pesawat jet baru yang tersisa dengan maskapai Teluk tersebut, dalam perubahan baru tetap akan menjadi sengketa keselamatan dan kontrak. 

Sumber industri mengungkapkan kepada reuters, Rabu (3/8). Belum ada komentar segera baik dari Airbus atau Qatar Airways.

Peluncuran Qatar Airways, maskapai pertama yang memperkenalkan jet pada tahun 2015, menuntut Airbus setidaknya US$ 1,4 miliar setelah hampir setengah armada A350-nya dilarang terbang oleh regulator Qatar, karena kerusakan permukaan atau masalah cat.

Perusahaan telah menolak untuk menerima pengiriman lebih banyak A350 sampai menerima penjelasan yang lebih dalam atau perbaikan jangka panjang.

Didukung oleh regulator Eropa, Airbus telah mengakui masalah kualitas pada jet, tetapi membantah terkait risiko keselamatan.

Hingga saat ini, perselisihan tersebut berdampak sedikit demi sedikit untuk jet bermesin ganda terbesar di Eropa karena Airbus pertama, kemudian Qatar Airways, menghentikan penggunaan jet individu.

Sumber mengatakan, bagaimanapun, Airbus telah memberi tahu pelanggannya bahwa mereka membatalkan sisa kesepakatan A350 dari pembukuannya.

Pada akhir Juni, pembuat pesawat tersebut mendapat pesanan luar biasa dari Qatar Airways untuk 19 versi terbesar jet, A350-1000 berkapasitas 350 penumpang.

2993