Home Internasional Aramco - Sinopec China Berkolaborasi Sejumlah Proyek di Arab Saudi

Aramco - Sinopec China Berkolaborasi Sejumlah Proyek di Arab Saudi

Riyadh, Gatra.com - Perusahaan Minyak Arab Saudi (Aramco) pada hari Rabu menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan China Petroleum & Chemical Corporation (Sinopec), yang mencakup berbagai bidang potensi antara dua raksasa minyak di Arab Saudi.

Saudi Press Agency (SPA) melaporkan, Kamis (4/8), MoU tersebut menguraikan jalur kerja sama strategis antara Aramco dan Sinopec dan mendukung hubungan jangka panjang antara kedua perusahaan, dan usaha patungan mereka yang ada di China dan di Kerajaan Saudi.

Wakil Presiden Senior Aramco Hilir, Mohammed Y. Al-Qahtani mengatakan: pihaknya senang dapat memperluas hubungan kerja sama. 

“Kami dengan Sinopec meningkatkan kekuatan dan jangkauan bersama sambil menciptakan jalan untuk membawa kerja sama lama kami di Tiongkok ke fasilitas kami di Arab Saudi. Kolaborasi terbaru ini akan membantu lebih memajukan hubungan strategis kami dengan Sinopec ke bidang-bidang utama yang saling menguntungkan di dalam Kerajaan,” katanya.

Presiden Sinopec Corp, Yu Baocai bahwa mengatakan Aramco adalah mitra yang sangat penting bagi Sinopec. Kedua perusahaan telah menghasilkan kolaborasi yang bermanfaat dan mengembangkan persahabatan selama bertahun-tahun. 

“Penandatanganan MOU memperkenalkan babak baru kemitraan kami di Kerajaan. Kedua perusahaan akan bergandengan tangan dalam memperbarui vitalitas dan mencetak kemajuan baru dari Inisiatif Sabuk, Jalan dan Visi 2030,” ujarnya.

Area kerja sama potensial yang luas tersebut meliputi: Menilai peluang integrasi penyulingan dan petrokimia, rekayasa, pengadaan dan konstruksi, layanan ladang minyak, teknologi hulu dan hilir, serta kolaborasi di seluruh proses penangkapan karbon dan hidrogen.

Perusahaan juga akan membahas peluang untuk mendirikan pusat manufaktur lokal di King Salman Energy Park.

Kolaborasi terbaru ini dibangun di atas usaha patungan antara kedua perusahaan, termasuk Fujian Refining and Petrochemical Company (FREP) dan Sinopec Senmei (Fujian), Petroleum Company (SSPC) di China, dan Yanbu Aramco Sinopec Refining Company (YASREF) di Arab Saudi.

70