Home Internasional China Hentikan Dialog Militer dengan AS, Tangguhkan Kerja Sama Lainnya

China Hentikan Dialog Militer dengan AS, Tangguhkan Kerja Sama Lainnya

Beijing, Gatra.com - China mengatakan pihaknya membatalkan atau menangguhkan dialog dengan Amerika Serikat (AS) mengenai isu-isu mulai dari perubahan iklim hingga hubungan militer dan upaya anti-narkoba, sebagai balasan atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi, pekan ini ke Taiwan.

Associated Press, Jumat (5/8) melaporkan, langkah-langkah yang diumumkan pada hari Jumat, itu adalah yang terbaru dari serangkaian tindakan yang dijanjikan, dimaksudkan untuk menghukum Washington karena mengizinkan kunjungan ke pulau yang diklaimnya sebagai wilayahnya sendiri untuk dianeksasi secara paksa, jika perlu. 

China mengadakan latihan militer yang mengancam kunjungan itu di enam zona di lepas pantai Taiwan.

“Rudal juga ditembakkan ke Taiwan,” kata pejabat pertahanan kepada media pemerintah. China menentang pulau yang memiliki pemerintahan sendiri, memiliki keterlibatannya sendiri dengan pemerintah asing.

Kementerian Luar Negeri mengatakan dialog antara komandan wilayah dan kepala departemen pertahanan akan dibatalkan, bersama dengan pembicaraan tentang keselamatan maritim militer. 

“Kerja sama untuk mengembalikan imigran gelap, investigasi kriminal, kejahatan transnasional, obat-obatan terlarang dan perubahan iklim juga akan ditangguhkan,” kata kementerian itu.

COMMENTS

LEAVE A COMMENTS