Home Nasional HUT Ke-10 Forum Pemred Ajak Tokoh Nasional Ikut Serta Bangun Ekosistem Media yang Cerdas dan Sehat

HUT Ke-10 Forum Pemred Ajak Tokoh Nasional Ikut Serta Bangun Ekosistem Media yang Cerdas dan Sehat

Jakarta, Gatra.com - Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred) menggelar pertemuan para tokoh nasional dalam perayaan Hari Jadi Forum Pemred ke-10 di Hotel Raffles, Jakarta pada Jumat (5/8).

Pada kesempatan itu, Ketua Forum Pemred, Arifin Asydhad mengatakan satu misi Forum Pemred adalah memajukan pers nasional. Ia mengingatkan bahwa pers telah berperan dalam membangun negeri sejak pra kemerdekaan, kemerdekaan hingga pasca-kemerdekaan.

"Pers menjadi pilar keempat demokrasi. Kebebasan pers harus dijaga," kata Arifin Asydhad saat membuka acara HUT Forum Pemred.

Menurut Arifin, kebebasan pers yang independen harus didukung oleh semua pemangku kepentingan. selain itu, hak masyarakat dalam mendapatkan informasi yang kredibel perlu dijaga.

"Bangsa yang maju adalah bangsa yang memperkuat keberadaan pers," ucap Arifin yang juga merupakan Pemred Kumparan itu.

Dalam kesempatan itu, Arifin juga mendorong para tokoh bangsa untuk menyampaikan pandangan terkait Indonesia di masa mendatang baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

"Ada impian, harapan dan keinginan para tokoh bangsa terhadap Indonesia di masa mendatang. Selain itu, bagaimana para tokoh bangsa mengembangkan demokrasi dan ekonomi di Indonesia," jelas Arifin.

Sementara itu, Ketua III Forum Pemred bidang Penguatan Jurnalisme Berkualitas, Sutta Dharmasaputra menuturkan para tokoh bangsa yang dinilai mempunyai potensi besar untuk menjadi pemimpin bangsa perlu memberikan perhatian penuh terhadap persoalan rumit yang terjadi dalam negeri.

Adapun persoalan rumit tersebut antara lain rapuhnya ideologi kebangsaan, maraknya praktek korupsi di pusat maupun daerah, kesenjangan pendidikan dan ekonomi.

"Ini perlu dilakukan demi segera terciptanya masyarakat Indonesia yang damai, sejahtera, dan makmur," ucap Sutta.

Lebih lanjut, Sutta menekankan agar para tokoh bangsa untuk berperan aktif membangun dan mengukuhkan ekosistem media yang sehat dan mencerdaskan.

"Terutama untuk menangkal disinformasi, maraknya hoax, fitnah, adu domba yang mengancam keutuhan bangsa," imbuh Sutta.

Dalam momentum HUT Forum Pemred ke-10 yang bertema 'Memajukan Pers Menyatukan Bangsa' tersebut juga diumumkan pembentukan Tim Perumus Ekosistem Media yang anggotanya berasal dari internal Forum Pemred dan eksternal. Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga diluncurkan logo baru Forum Pemred yang sebelumnya diusulkan oleh sejumlah pendiri.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno.