Home Hiburan Dewa 19 Konser 3,5 Jam 35 Lagu di Candi Prambanan, Once: Anda Puas Kami Lemas

Dewa 19 Konser 3,5 Jam 35 Lagu di Candi Prambanan, Once: Anda Puas Kami Lemas

Sleman, Gatra.com - Grup band Dewa 19 tampil mengentak dalam konser 30 Tahun Dewa 19 ‘Legend Never Dies’, di pelataran Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (6/8) malam. Performa dengan formasi paling lengkap dalam rangkaian konser di 30 kota.

Penampilan Ahmad Dhani pada keyboard, Andra Ramadhan (gitar), Yuke Sampurna (bas), dan Agung Yudha Asmara (drumer) didukung empat vokalis yang mewarnai sejarah band asal Surabaya itu.

Mereka adalah dua mantan personel, Ari Lasso dan Elfonda Mekel alias Once, serta dua vokalis featuring yang belakangan bergabung, Virzha dan Marcello Tahitoe atau Ello. Tak ketinggalan, eks drummer—yang disebut Ari dan Once sebagai “drummer terganteng di alam semesta”--Tyo Nugros ikut tampil.

Naik panggung sekitar jam 19.30 WIB, tata panggung terlihat wah dengan dua layar besar dan tata cahaya yang aktraktif didukung backdrop megah alami, Candi Prambanan.

Penampilan satu jam pertama menjadi milik vokalis baru yang membawakan nomor-nomor daur ulang yang versi barunya sudah dikenal sejak dirilis di dunia maya. Misalnya ‘Cukup Siti Nurbaya’ oleh Virzha, sementara ‘Sudah’—yang sebenarnya hits milik Ahmad Band, besutan Dhani—oleh Ello. Tak lupa, karya terbaru Dewa 19 dengan sumbangan vokal Ello, Juliette, juga meluncur malam itu.

Dua pertiga durasi pertunjukan selanjutnya menjadi milik Once yang mengentak dengan hampir semua nomor hitsnya, terutama dari dua album yang meroketkan lagi Dewa19 di awal 2000-an; Bintang Lima dan Cintailah-cintailah.

Penonton pun bernyanyi bersama dengan tembang Roman Picisan, Arjuna, Dua Sejoli, Lagu Cinta, Pangeran Cinta, dan Risalah Hati, serta tentu saja Pupus yang meluncur pas ketika rintik gerimis turun.

“Senang sekali dapat bertemu di sini. Tempatnya sangat indah dan kita mala mini diberkahi cuaca bagus,” kata Once menyapa Baladewa, sebutan para penggemar Dewa 19.

Vokalis yang cabut dari Dewa 19 pada 2011 itu berseloroh perbedaan saat ia tampil dulu dengan situasi saat ini. “Dulu kumpul gini juga banyak. Bedanya, malam ini yang ngumpul lebih harum. Harga (tiket) juga menentukan ya,” kata dia datar disambut tawa penonton.

Penampilan Once sempat diselingi dengan performa Dhani yang turun dari bangku keyboard untuk bernyanyi di Sedang Ingin Bercinta. Seperti gayanya selama ini, Dhani yang mengenakan blangkon pede berlenggak lenggok di atas panggung dalam tembang yang beraksen dangdut itu.

Yang juga mendapat sambuatn meriah adalah saat vokalis pertama Dewa 19, Ari Lasso, muncul ke panggung. Ia mengantarkan Cinta Kan Membawamu Kembali, Elang, dan Aku di Sini Untukmu. Ari juga membawakan tembang signature-nya, yang tak akan pas jika dinyanyikan selain dirinya, Kirana dan Kangen.

Ari berulang kali mengucap syukur atas penampilannya bersama Dewa 19. Bukan hanya setelah lama tak bisa tampil karena pandemi, melainkan juga karena kondisinya yang telah pulih dari sakit. “Sebuah keajaiban saya berdiri di sini,” kata dia.

Once menyebut penampilan di Prambanan ini lebih spesial dibanding di kota-kota lain selama konser perayaan 30 tahun berkaryanya Dewa 19 ini. Selain diisi sembilan personel dan para mantan, jumlah lagu juga paling banyak. “Ada 35 lagu dan ini untuk yang pertama. Anda puas, kami lemas,” kata dia sambil tertawa.

Dengan daftar lagu sebanyak itu, konser yang dibanderol dengan tiket Rp400 ribu hingga Rp2,5 juta itu memakan waktu sekitar 3,5 jam. Di pengujung konser, empat vokalis tampil bersama menyanyikan Separuh Napas yang disambut antusias Baladewa seakan tanpa kehabisan napas.