Home Olahraga Atlet Kota Solok Berhasil Boyong 1 Medali Emas 2 Perak

Atlet Kota Solok Berhasil Boyong 1 Medali Emas 2 Perak

Solok,Gatra.com - Atlet lari asal Kota Solok yang mewakili Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik 2022 di Lapangan Atletik GOR Tri Lomba Juang Semarang berhasil menyumbangkan satu medali emas dan dua perak memasuki hari kedua Kejurnas, Minggu (7/8).
 
Pelatih Atletik Kota Solok Anwar yang turut mendampingi atlet dalam bertanding pada Kejurnas mengungkapkan perlombaan pada nomor 3.000 Meter berjalan sangat seru dan ia bersyukur seluruh taktik yang diberikan saat latihan dapat dipraktekkan oleh Wilna Selvi dengan baik.
 
"Sangat seru jalannya perlombaan. Persaingan dari garis start sampai finish dapat terus didesak oleh Wilna, 20 meter menuju finish Wilna dapat memotong atlet lain. Saya dibuat histeris dan tentunya terobati jerih payah kami walaupun keberangkatan serba keterbatasan," katanya. 
 
Sebelum bertanding seluruh taktik telah kami sampaikan kepada atlit dan dapat dijalani oleh Wilna di lapangan. "Sembilan keliling berlari, Wilna terus berada di dekat posisi terdepan, 20 meter terakhir baru dipotong. Ini merupakan prestasi yang luar biasa," ungkap Anwar. 
 
Anwar sangat mensyukuri dua medali perak tambahan juga berhasil dipersembahkan atlet Kota Solok melalui Diva Rahmi Sildiana di nomor Jalan Cepat 10 Km U-20 Putri dan Wilna Selvi di nomor 1.500 meter U-18 Putri.
 
"Khusus untuk Wilna Selvi saya acungkan jempol karena jarak waktu istirahat dari nomor 3.000 meter hanya beberapa jam saja, sehingga tidak cukup waktu untuk istirahat. Dan ini harus kita lakukan sesuai peraturan dari panitia," ungkap Anwar. 
 
"Saya sempat menangis saat akan masuak garis finish karena saya membayangkan sebelum bertanding tidak yakin bisa dapat emas karena lawan berasal dari pelari yang sudah pernah turun di ajang nasional. Sementara saya baru pertama kali ikuti ajang ini," kata Wilna Selvi sang juara siswi Kelas 8 SMPN 3 Kota Solok.
 
Kejurnas kali ini, Kota Solok mengirimkan empat orang atlet potensialnya dari Sentra Olahraga Terpadu (SERDADU) binaan Dispora dan Anwar selaku pelatih yang juga sebagai pelatih sentra olahraga binaan Dispora cabang atletik. 
 
Keempat atlet yang bertanding mengikuti tiga pertandingan, Diva Rahmi Sildiana nomor 10.000 m Jalan Cepat Putri. Muhammad Raka Siwi nomor 800 meter dan 1.500 Meter Putra, Pandu Abdi Al Hakim nomor Jalan Cepat 5.000 m Putra, Wilna Selvi nomor Lari 3.000 m dan 1.500 m Putri dan Salsa Bila nomor 3.000 Meter dan 800 m Putri. 
 
Kejurnas yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) ini diikuti oleh 1.000 atlet lebih dari 34 Provinsi se-Indonesia mempertandingkan tiga kategori yaitu U-18, U-20 dan Senior mulai tanggal 6-11 Agustus 2022. Ajang ini sekaligus sebagai babak kualifikasi Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) dan PON di Aceh-Sumut tahun 2024. 
 
Prestasi relah ditorehkan dari medali emas berhasil diraih oleh Atlet Kota Solok, Wilna Selvi di nomor Lari 3.000 meter kategori U-18 Putri dengan catatan waktu 10.56.09 detik, menggungguli Adinda Ayuningtias, pemegang medali emas pada Kejurnas 2021dari Yogyakarta dengan catatan waktu 10.57.03 detik yang kali ini meraih Perak, serta medali perunggu diraih oleh Fatri Tepu dari NTT dengan catatan waktu 10.58.27 detik. Nomor ini diikuti oleh 21 orang peserta. 
 
Lebih lanjut, dua medali tambahan kembali disumbangkan oleh Atlet Serdadu Kota Solok untuk kontingen Tuah Sakato. Wilna Selvi kembali mempersembahkan medali Perak di nomor 1.500 meter U-18 Putri dengan catatan waktu 5.02 detik. Pada nomor ini emas diraih oleh Mutiara Oktarani dari DI Yogjakarta dengan waktu 4.51 detik dan perunggu diraih oleh Khaila Sifa dari Jawa Tengah dengan waktu 5.07 detik. 
 
Perak kedua diraih oleh Diva Rahmi Sildiana di nomor Jalan Cepat 10 Km U-20 Putri dengan catatan waktu 1:02.13 detik, emas diraih oleh Shinta Dwi Patriciadari dari Jawa Timur dengan waktu 1:01.04 detik dan perunggu direbut oleh Keziya Amanda dari Riau dengan waktu 1:06.38 detik.