Home Teknologi Baidu Umumkan Layanan Taksi Swakemudi Pertama di China

Baidu Umumkan Layanan Taksi Swakemudi Pertama di China

Beijing, Gatra.com - Raksasa internet China Baidu telah mendapatkan izin untuk menawarkan layanan taxi swakemudi di Chongqing dan Wuhan melalui unit pemesanan kendaraan otonom, Apollo Go.

Sukses Baidu di Wuhan dan Chongqing terjadi beberapa bulan setelah perusahaan tersebut mendapatkan izin untuk menyediakan layanan ride-hailing tanpa pengemudi di jalan umum di Beijing.

Bedanya, di Beijing layanannya belum komersial. Baidu memberikan layanan secara gratis atas nama R&D dan penerimaan publik. Dan regulasi di Beijing, layanan ini masih memerlukan operator manusia di kursi penumpang depan kendaraan.

Sementara di Wuhan dan Chongqing, ini menjadi layanan komersial. Dan menjadi perusahaan ride-hailing pertama di China yang menggunakan perusahaan kendaraan otonom.

Sementara itu di AS, Cruise baru-baru ini mulai menawarkan layanan komersial tanpa pengemudi di San Francisco, dan Waymo telah menawarkannya di Arizona sejak 2020.

"Ini adalah perubahan kualitatif yang luar biasa," kata Wei Dong, vice president dan chief safety operation officer Baidu's Intelligent Driving Group, dalam sebuah pernyataan. “Kami percaya izin ini adalah tonggak penting di jalan menuju titik belok ketika industri akhirnya dapat meluncurkan layanan mengemudi otonom sepenuhnya dalam skala besar.”

Di Wuhan, layanan Baidu akan beroperasi dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore dan mencakup area seluas 13 kilometer persegi di zona Pengembangan Ekonomi dan Teknologi kota, yang dikenal sebagai 'Kota Otomatis' China. Layanan Chongqing akan beroperasi dari pukul 09:30 hingga 4 :30 malam di area seluas 30 kilometer persegi di Distrik Yongchuan. Setiap kota akan memiliki armada lima robotaxis generasi ke-5 Apollo, menurut Baidu.

Zona di mana Baidu akan beroperasi tidak padat penduduknya, dan mereka memiliki banyak jalan lebar baru yang memudahkan pengoperasian sistem otonom. Kedua kota menyediakan lingkungan peraturan dan teknologi yang menguntungkan bagi Baidu untuk memulai layanan komersial tanpa pengemudi pertama. Di Chongqing, Distrik Yongchuan telah menjadi zona percontohan untuk mengemudi otonom, di mana 30 robotaxis telah mengumpulkan uji mengemudi senilai 1 juta kilometer.