Home Hiburan Festival Musikal Indonesia 2022 Pentaskan Kisah Sejarah Nusantara

Festival Musikal Indonesia 2022 Pentaskan Kisah Sejarah Nusantara

Jakarta, Gatra.com – Festival Musikal Indonesia 2022 akan hadir untuk pertama kalinya di Indonesia, dengan mementaskan sederet kisah yang berangkat dari sejarah Nusantara. Festival tersebut akan digelar di Ciputra Artpreneur, Jakarta, pada 20-21 Agustus 2022 mendatang.

Dalam festival tersebut, ada tujuh grup yang akan berlakon dalam pentas. Ketujuhnya adalah Artswara, EKI Dance Company, FlodanzSoka, Kampus Betawi, Jakarta Movin, Swargaloka, dan TEMAN Musicals.

Masing-masing grup tersebut akan membawakan kisah khas sejarah dibungkus dengan sajian yang unik. Arstwara, misalnya, yang akan membawakan kisah kepahlawanan Cut Nyak Dien dalam pentas musikal berformat acapela. Atau pentas “Tahta Mas Rangsang” milik Swargaloka, yang akan dibalut dalam kemasan kekinian yang berbeda dari tradisi pementasan terdahulu grup tersebut.

Keunikan juga akan tersaji dalam lakon “Ken Dedes” yang dibawakan oleh EKI Dance Company. Ditulis oleh penulis skenario kondang Titien Wattimena, “Ken Dedes” nantinya tak akan hanya menampilkan kisah romansa legendaris antara sang tokoh dengan Ken Arok. “Tapi juga tentang rahasia-rahasia di balik itu, ambisi, pengkhianatan, dan keberadaan seorang perempuan yang selama ini tak dibicarakan dalam kisah mereka Bernama Ken Umang,” ujar Titien Wattimena.

Selain itu, Kampus Betawi akan membawakan kehidupan seorang jawara wanita Betawi dalam “Blood Brothers”. Berbeda dengan FlodanzSoka akan mengusung sosok pejuang Flores yang melawan penjajah dalam lakon “Teka Iku Bo’a Ga’I”, ataupun TEMAN Musicals yang akan mengangkat sosok aktivis Soe Hok Gie.

Tak hanya itu, Jakarta Movin juga akan mementaskan perjuangan sembilan perempuan asal Kendeng yang menolak pembangunan pabrik semen di desa mereka dalam “9 Sembilu”. Selaku sutradara dan produser, Barly Amandita dan Pradipta Kartika mengatakan, “Kami menyuarakan perjuangan perempuan atas tanah mereka.”

Meski baru diadakan perdana di tahun ini, Festival Musikal Indonesia 2022 diharapkan dapat menjadi ajang tahunan, yang dapat terus digelar demi mengapresiasi kerja pelaku seni yang terlibat dalam pertunjukkan musikal dari seluruh penjuru Indonesia. Selain sederet pertunjukan tadi, festival tersebut juga akan dilengkapi oleh pameran, seminar, dan workshop tentang musikal di Tanah Air.