Home Internasional Kolombia Lantik Gustavo Petro Sebagai Presiden Sayap Kiri Pertama Mereka

Kolombia Lantik Gustavo Petro Sebagai Presiden Sayap Kiri Pertama Mereka

Bogota, Gatra.com – Mantan anggota kelompok gerilya M-19 Kolombia Gustavo Petro dilantik menjadi presiden sayap kiri pertama negara tersebut pada Minggu (7/8) kemarin.

Sekitar 100.000 orang, termasuk Raja Spanyol Felipe VI dan setidaknya sembilan Presiden dari negara-negara Amerika Latin, tampak menghadiri pelantikan Petro yang dilakukan oleh Presiden Senat Roy Barreras di Ibu Kota Kolombia Bogota.

Seperti dikutip dari DW, dalam pidatonya pada acara pelantikan tersebut, Petro berikrar, “Saya tidak menginginkan dua negara, sama seperti saya tidak menginginkan dua masyarakat. Saya menginginkan Kolombia yang kuat, adil, dan bersatu.”

Lebih lanjut, Petro juga menyebutkan bahwa tantangan serta ujian yang dimiliki Kolombia sebagai sebuah bangsa telah menuntut periode persatuan dan konsensus dasar negara tersebut.

Petro, yang pemerintahannya mendapatkan dukungan dari mayoritas sayap kiri di kongres, diketahui telah meminta kelompok bersenjata Kolombia untuk meletakkan senjata mereka dan menerima keuntungan hukum sebagai ganti perdamaian.

Selain itu, Petro juga telah membidik upaya anti-narkotika yang telah berlangsung selama beberapa dekade. “Ini adalah waktu bagi konvensi internasional baru untuk menyadari bahwa peperangan melawan narkoba sudah gagal,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pers Petro Marisol Rojas menyebut pengangkatan Petro itu akan mengantarkan Kolombia kepada bentuk pemerintahan yang lebih inklusif.

Lebih lanjut, ajudan Petro dalam sebuah pernyataan menyebut keinginan mereka agar rakyat Kolombia menjadi protagonis. “Pelantikan ini akan menjadi perdana kalinya bagi bentuk pemerintahan yang baru, di mana semua bentuk kehidupan dihormati, dan di mana semua orang cocok dengannya.”