Home Nasional Peringatan Hari Veteran Nasional

Peringatan Hari Veteran Nasional

Jakarta, Gatra.com – Tanggal 10 Agustus diperingati sebagai Hari Veteran Nasional. Penetapan ini disahkan oleh Keputusan Presiden Nomor 30 Tahun 2014 tentang Hari Veteran Nasional.

Peringatan Hari Veteran Nasional dimaksudkan untuk mengingat jasa dan pengorbanan Veteran Republik Indonesia yang telah berjuang, membela, dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan/atau ikut melaksanakan perdamaian dunia. Selain itu, penetapan ini jiga dilatarbelakangi adanya gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia melawan tentara Belanda di Surakarta.

Baca Juga: Masih Ada Veteran di Lombok Timur Tak Punya Rumah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), veteran berarti bekas prajurit (pasukan perang, pejuang). Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 tentang Veteran RI menjelaskan bahwa veteran berarti warga negara Indonesia yang bergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah yang berperan secara aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain dan/atau gugur dalam pertempuran untuk membela dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, atau warga negara Indonesia yang ikut serta secara aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk melaksanakan misi perdamaian dunia, yang telah ditetapkan sebagai penerima Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia. Veteran Republik Indonesia tergabung dalam suatu organisasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Dalam memperingati Hari Veteran Nasional, LVRI cabang Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan secara langsung dengan mengundang para veteran pada Rabu (10/8). Acara ini dimulai dengan upacara yang dihadiri masing-masing ranting diikuti dengan kegiatan pemotongan tumpeng oleh Ketua DPRD Kota Bandung, Tedy Rusmawan. Humas LVRI Kota Bandung, Pandu, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan mengumpulkan 100 veteran agar para veteran bisa berinteraksi.

Baca Juga: Hari Pahlawan, Veteran di Semarang Cek Kesehatan Gratis

"Para veteran senang dan bangga bisa berkumpul dengan rekan seperjuangan. Kegiatan ini juga dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan," jelasnya saat dikonfirmasi melalui pesan singkat (10/8).

Penyelenggaraan kegiatan oleh LVRI Bandung menunjukkan adanya perhatian kepada para pejuang bangsa. Hal ini perlu ditingkatkan mengingat apa yang sudah dikorbankan oleh para veteran dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Keberanian dan semangat pantang menyerah para veteran harus selalu dihidupkan oleh generasi saat ini.

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR