Home Kesehatan Kasus DBD Naik, DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Kasus DBD Naik, DPR Minta Pemerintah Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

Jakarta, Gatra.com – Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar meminta pemerintah agar lebih optimal dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat khususnya peningkatan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Saya dapat info terbaru kalau kasus DBD naik pekan kemarin. Saya mau minta kerja sama dengan pemerintah dalam mengupayakan peningkatan kesehatan di beberapa wilayah yang terdampak DBD ini,” katanya di gedung DPR, Rabu (10/8).

“Ini merupakan peringatan untuk kita semua, DBD jangan diabaikan. Apalagi gejalanya hampir mirip dengan yang terkena awal Covid-19. Namun juga perlu deteksi dan pemeriksaan lebih lanjut supaya jelas,” tegasnya.

Selain ke pemerintah, DPR juga meminta kerja sama kepada Kemenkes dan Dinas Daerah setempat untuk terus melakukan upaya pencegahan DBD dengan kegiatan bersih-bersih di lingkungan tempat tinggal warga, penyemprotan atau Fogging secara rutin.

“Tingginya kasus juga menjadi edukasi penting untuk warga yang masih kurang paham bagaimana cara pencegahan agar tidak tertular penyakit DBD tersebut,” katanya. 

Data Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kasus DBD di tahun ini tercatat sebanyak 68. 903 kasus di 456 kabupaten dan kota di 34 Provinsi, dengan 640 kasus kematian.