Home Gaya Hidup Model-Aktivis Davina Ikut Berkomentar soal Harga Wisata Komodo Naik, Begini Katanya

Model-Aktivis Davina Ikut Berkomentar soal Harga Wisata Komodo Naik, Begini Katanya

Jakarta, Gatra.com – Model peragaan busana Davina Veronica Hariadi Gontha ikut bersuara terkait wacana kenaikan harga tiket masuk ke Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), yang direncanakan menjadi Rp3,75 juta per orang.

Davina yang juga seorang aktivis lingkungan dan hewan ini berpendapat bahwa bisa jadi saat ini merupakan waktu yang tepat untuk membatasi kunjungan pelancong ke Pulau Komodo.

“Ada kalanya kita manusia juga harus mendengarkan alam. Biarlah alam itu punya waktu untuk beregenerasi. Jadi dengan adanya pembatasan atau kenaikan tarif itu mungkin untuk membatasi adanya mass tourism,” ujar Davina kepada Gatra.com di kawasan Museum Nasional, Jakarta, Rabu, (10/8/2022), kemarin.

Pendiri yayasan Natha Satwa Nusantara itu berargumen bahwa upaya pembatasan kunjungan itu bertujuan untuk melestarikan eksistensi hewan komodo. Ia khawatir banyaknya turis yang berkunjung ke sana berpotensi mengganggu upaya konservasi hewan bernama latin Varanus komodensis itu.

“Menurut saya, marilah kita sekali ini kasih waktu untuk alam beregenerasi. Toh, nanti ujung-ujungnya manfaat akhirnya untuk manusia juga. Ketika kita peduli melindungi alam, itu berarti kita melindungi diri kita sendiri. Mungkin ini waktu yang tepat untuk membatasi,” tandas Davina.

Seperti diketahui, wacana kenaikan tarif tiket masuk ke Pulau Komodo sempat menjadi perbincangan publik belakangan ini. Wacana ini menuai kritik tajam, mulai dari warganet, kelompok-kelompok aktivis lingkungan, hingga pelaku usaha lokal di sekitar Pulau Komodo. Mereka khawatir pelaku-pelaku usaha kecil di kawasan tersebut minim pendapatan. Demonstrasi pun terjadi di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, beberapa hari lalu.

Walau begitu, pemerintah akhirnya menunda penetapan kenaikan tarif tersebut. Wacana yang beredar adalah kenaikan harga tiket tersebut baru akan berlaku pada 1 Januari 2023 mendatang.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa pemerintah akan segera mengevaluasi harga tiket masuk ke Pulau Komodo. “Nanti kita evaluasi dan nanti kita akan lihat lagi karena memang ada konservasi dan rehabilitasi yang dilakukan,” ujarnya seperti dilansir Antara, Kamis, (4/8/2022).

66