Home Info Kementrian Pesan-Pesan untuk Peserta PMM 2 sebelum Keberangkatan

Pesan-Pesan untuk Peserta PMM 2 sebelum Keberangkatan

Jakarta, Gatra.com- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menyambut peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 yang akan diberangkatkan ke perguruan tinggi tujuan.

Pada webinar yang diadakan pada Kamis (11/08), Pelaksana tugas (Plt.) Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi menuturkan, Kemendikbudristek mengapresiasi mahasiswa yang berpartisipasi dalam PMM 2. Hal ini karena mereka berani melewati proses seleksi sehingga terpilih menjadi peserta.

“Dengan PMM Merdeka Mandiri yang dikembangkan perguruan tinggi, mahasiswa lebih leluasa belajar di lingkungan lain dengan network yang sudah dijalin. Belajar dengan keragaman budaya dan cara berbeda. Tentunya juga memperkaya interaksi dengan rekan mahasiswa dari perguruan tinggi lain. Oleh karena itu, selama pelaksanaan PMM, kami berharap, perguruan tinggi dapat terlibat secara aktif membantu mahasiswa,” katanya.

Sebagai informasi, terdapat 12.420 mahasiswa yang terpilih sebagai PMM 2022 yang berasal dari 138 perguruan tinggi. Sebelumnya, ada 35.107 mahasiswa yang mendaftar dan melibatkan sekitar 429 perguruan tinggi.

Wakil Ketua Pelaksana Kampus Merdeka Budi Firman Haryono mengingatkan mahasiswa agar mampu membuat keputusan dan berlatih mengolah hidup selama menjalani PMM. Hal tersebut karena nantinya anak bangsa ini yang menjadi pemimpin bagi Indonesia. Banyak ilmu yang harus didapatkan, mulai dari hard skill hingga soft skill.

“Sebelum ke depannya menjadi pemimpin bagi bangsa tercinta. Untuk dapat menjaga diri sendiri dan menjaga lingkungan. Berada di wilayah baru memiliki tantangan tersediri karena belum pernah dihadapi. Jadi tetap jaga sopan santun,” tuturnya.

Budi juga kembali menyampaikan beberapa pesan yang terkenal dengan rumus PMM, pertama selalu utamakan sopan dan santun. Kedua, fokus untuk menyelesaikan studi dengan baik. Ketiga, menambah teman untuk mengenal lingkungan. Keempat, mengutamakan kesehatan dan keselamatan. Semoga peserta PMM 2 sukses menjalankan masa belajarnya selama satu semester di perguruan tinggi tujuan.