Home Ekonomi Menko Airlangga & Menperin Agus Gumiwang Buka GIIAS 2022

Menko Airlangga & Menperin Agus Gumiwang Buka GIIAS 2022

Tangerang, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 yang mengambil tempat di Indonesia Convention Centre (ICE) BSD City, Tangerang.

Pameran otomotif terbesar di Indonesia itu akan dihelat dari tanggal 11 Agustus hingga 21 Agustus 2022. Tahun ini, GIIAS mengusung tema Future Is Bright. Momentum pembukaan pameran ini turut dihadiri langsung oleh Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi dan Ketua Penyelenggara GIIAS 2022 Rizwan Alamsjah.

“Pameran otomotif GIIAS 2022 yang digelar oleh GAIKINDO tahun ini, sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lebih banyak mobil listriknya. Makanya saya sangat senang karena ini menjadi momentum bagi kita untuk memulai teknologi otomotif yang lebih ramah lingkungan." sambut Airlangga Hartarto sebelum membuka pameran secara resmi.

"Indonesia adalah pasar kendaraan bermotor yang rasionya 99 mobil per 1000 penduduk. Industri ini tentu berpotensi tumbuh pesat,” tambahnya.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi menyatakan dalam sambutannya, GAIKINDO sangat berterimakasih karena dukungan besar pemerintah Indonesia melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Perindustrian kepada industri otomotif di Indonesia.

“Kami optimis industri otomotif Indonesia ke depannya akan cerah, terus tumbuh, menyongsong inovasi otomotif di masa depan. Perkembangan industri otomotif tak lepas dari dukungan pemerintah Indonesia yaitu Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia karena perhatian besarnya untuk kemajuan industri otomotif Indonesia.” ujarnya.

Selain itu, Yohannes juga mengucapkan apresiasi kepada Kementerian Perindustrian yang selalu memberikan arahan, dukungan dan berbagai kebijakan untuk membantu industri otomotif Indonesia di masa-masa sulit. "Sehingga saat ini industri otomotif Indonesia bisa jadi industri swasembada kendaraan bermotor dan siap jadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara,” lanjutnya.

Ada sekitar 25 merk kendaraan penumpang dan komersial hadir pada gelaran GIIAS 2022, diantaranya akan membawa kendaraan listrik mereka, yaitu Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, dan dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Di samping itu, lebih dari 100 merek dari industri pendukung juga hadir di GIIAS 2022. Mulai dari industri karoseri seperti, Adiputro, Laksana, Tentrem, merek-merek ternama roda dua juga berpartisipasi dengan beberapa juga membawa motor listrik pada GIIAS tahun ini. Mulai Alva, AHM, Benelli, CF Moto, Exotic Bike, Gelis, Keeway, Minerva, Pacific Bike, Royal Enfield, Segway, Selis, SM Motor, SYM, Wmoto.

61