Home Apa Siapa Ahmad Dhani Teriakkan Nama Ferdy Sambo Saat Konser: Reformasi Macet, Rek!

Ahmad Dhani Teriakkan Nama Ferdy Sambo Saat Konser: Reformasi Macet, Rek!

Sleman, Gatra.com - Musisi sekaligus politisi Ahmad Dhani meneriakkan nama Ferdy Sambo di tengah penampilannya. Ia menyayangkan saat ini tak ada grup band yang menjadi oposisi pemerintah.

Hal itu dinyatakan Dhani saat tampil bersama band besutannya, Ahmad Band, dalam konser Latihan Pesta Pora di Akhsa Akasa, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis (11/8) malam.

Momen Dhani meneriakkan nama Sambo terjadi saat ia membawakan lagu Distorsi. Lagu rock bertema kritik sosial dan politik ini berasal dari album satu-satunya Ahmad Band ‘Ideologi, Sikap, Otak’ yang rilis jelang Reformasi 1998.

“Lagu ini masih relevan dengan situasi sekarang. Setelah lagu ini keluar, langsung Reformasi. Tapi sekarang (Reformasi) macet bae, Rek,” seru dedengkot band Dewa 19 ini kepada penonton.

Setelah itu, lagu Distorsi pun mengentak dengan refrainnya yang populer.“Yang muda mabok yang tua korup. Jayalah negeri ini, jayalah negeri ini. Merdeka!”

Bait kedua lagu ini berisi kritik tajam ke penguasa. “Maunya selalu menegakkan keadilan. Tapi masih saja ada sisa hukum rimba.” Usai lirik inilah, Dhani menyisipkan teriakan “Ferdy Sambo” sambil mengepalkan tangan ke atas.

Sambo adalah petinggi Polri yang menjadi tersangka kasus pembunuhan Brigadir Josua hingga menyita perhatian publik akhir-akhir ini.

Usai tembang ini, Dhani menuturkan, saat ini tak ada kelompok musik yang berani mengkritik pemerintah seperti pernah ia lakukan bersama Ahmad Band.

“Sekarang enggak ada band oposisi. Adanya band pelat merah,” kata kader Gerindra, partai yang juga telah bergabung pemerintah, ini.

Di kesempatan lain, ia juga mengenalkan diri sebagai “temannya Prabowo”, Ketua Umum Gerindra yang juga Menteri Pertahanan saat ini.

Ahmad Band adalah proyek musik Dhani saat Dewa 19 vakum. Pada 1998, bersama Andra, kala itu ia mengajak Pay dan Bongky yang baru cabut dari Slank, serta Bimo dari Netral.

Setelah menelurkan satu album, band ini bubar jalan. Hingga pada 2021, mereka menggelar konser secara daring. Di formasi terbaru, Dhani melibatkan Andra dan Stephan Santoso pada gitar, Yoyok Padi di drum, dan Thomas Ramdan dari Gigi sebagai basis.

Konser di Sleman ini adalah penampilan perdana mereka langsung di hadapan penonton. Selama sekitar satu jam, Dhani yang mengisi seluruh vokal menyanyikan sejumlah hits Ahmad Band, seperti Bidadari di Kesunyian, Aku Cinta Kau dan Dia, dan Sudah.

“Maafkan kalau lupa-lupa lagunya. Kita terakhir kali tampil langsung tahun 2001,” ujarnya.