Home Teknologi Membangun Kepercayaan Antara Supir dengan Pengusaha Lewat Inovasi Mitsubishi Fusso

Membangun Kepercayaan Antara Supir dengan Pengusaha Lewat Inovasi Mitsubishi Fusso

Tangerang Selatan, Gatra.com - Pagelaran pameran otomotif terbesar, GIIAS 2022, yang dimulai dari tanggal 11-21 Agustus 2022 di ICE BSD, Tangerang Selatan, juga ikut dimeriahkan oleh pabrikan truk. 

Seperti Mitsubishi, yang memerkan inovasi terbaru dari truk Mitsubishi Fusso. Kelebihan dari truk ini adalah bisa memberikan gambaran secara 'real time' kepada pemilik kendaraan untuk memantau truknya sedang berada di mana saat ini. Beserta informasi lainnya seperti ada berapa liter kapasitas bensin dan berapa kecepatannya.

"Kita bisa monitoring mana truk yang sedang bergerak, mana truk yang sedang istirahat atau yang sedang dikasih perintah kerja, maupun yang tidak. Selain itu kita bisa memonitor dalam sehari truk ini lewat rute mana aja sih. Apakah truk ini dalam keadaan kondisi macet, mesin nyala tapi kendaraan diam," kata Jovie, Runner Business Development, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha. 

Dari perjalanan truk tersebut nantinya akan diberikan laporan untuk driver, yang berupa laporan performa atau misalnya dapat insentif dari konsumen yang akan terangkum pada aplikasi yang sudah tersedia di Mitsubishi Fusso.

Hal ini dilakukan agar para pengusaha bisa memonitor kinerja dari supir truk dan mengidentifikasi kecurangan oknum supir-supir yang nakal.

"Kan sekarang issue bahan bakar lagi mahal. Jangan sampai ada supir yang melakukan pencurian bahan bakar. Makanya kita rencana temukan juga grafik bahan bakarnya. Nanti ketika misalnya ada indikasi pencurian, nanti akan masuk nih di 'fuel anomaly' yang dimana akan ada pengurangan signifikan pada tangki bahan bakar dalam waktu yang singkat. Itu kita baca sebagai indikasi pencuriam bahan bakar," tambahnya.

Tidak hanya untuk memonitor para supir, namun inovasi ini bisa menunjukkan transparasi laporan kepada pemilik kendaraan.

"Jadi kalau bos nya marah-marah, perasaan laporan supirnya bagus. Jadi bisa memberikan transparansi antara supir dan pebisnisnya seperti itu," ujarnya.

Mitsubishi Fusso memberikan secara gratis alat GPS tersebut jika konsumen tertarik untuk membelinya. Dan tidak perlu khawatir juga karena mereka juga memiliki call center apabila terjadi masalah dengan kendaraan tersebut.