Home Milenial Tampil di GIIAS 2022, UI Racing Team Siap Tanding di Kancah Internasional

Tampil di GIIAS 2022, UI Racing Team Siap Tanding di Kancah Internasional

Tangerang Selatan, Gatra.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD menampilkan beranke jenis mobil, sepeda motor, truk, dan masih banyak lagi. Bukan hanya dari brand luar negeri saja, namun terdapat juga banyak sekali hasil karya kreativitas anak bangsa. Salah satunya mobil balap karya dari Universitas Indonesia, UI Racing Team.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UI Racing Team ini didirikan dari tahun 2017 dan sejauh ini beranggotakan 23 mahasiswa jurusan Teknik Mesin. Agenda rutin yang biasa mereka lakukan adalah memanufaktur mobil, launching, dan mengikuti perlombaan.

Tampil di GIIAS 2022, UI Racing Team berupaya menggaet exposure dan sponsor. Karena mereka nanti akan bertanding di Formula SAE, sebuah event kejuaraan internasional yang dilaksanakan oleh SAE Internasional. Lomba mobil formula karya mahasiswa yang berasal dari penjuru dunia tersebut mewajibkan pesertanya mengembangkan mobilnya masing-masing.

"Iya kita lombanya di Formula SAE. Nah di lomba itu gak cuma lomba balapan mobil doang, ada lomba contactical juga kayak ada business plan, terus ada cost report dan design engineering competition gitu," ucap Julian Jensen Purnomo, mahasiswa Teknik Mesin UI.

Sebelumnya UKM ini sudah pernah mendapatkan penghargaan pada tahun 2018 Formula SAE Japan dengan prestasi 5th in Student Formula Japan. Kemudian pada tahun 2019 IIMS Formula Electric Student Competition dengan kategori prestasi juara pertama di Business Event Competition. Serta juara ketiga di Endurance Event Competition.

Untuk itulah mereka juga sangat berharap agar pemerintah bisa memberikan support seperti materiil demi kelancaran mereka dalam bertanding. Selain itu mereka sangat ingin membanggakan Indonesia di Formula SAE tersebut.