Home Internasional Ekonomi Jepang Tumbuh Kembali 2,2% Secara Tahunan Pada April-Juni 2022

Ekonomi Jepang Tumbuh Kembali 2,2% Secara Tahunan Pada April-Juni 2022

Tokyo, Gatra.com - Ekonomi Jepang tumbuh 2,2% secara tahunan pada periode April-Juni. Hal ini menunjukkan adanya ekonoi yang berekspansi selama tiga kuartal berturut-turut yang didorong oleh konsumsi swasta yang solid, dikutip dari data pemerintah menunjukkan pada hari Senin (14/8).

Dikutip dari Reuters, peningkatan produk domestik bruto (PDB) negeri matarhari terbit ini lebih lambat dari perkiraan pasar median untuk ekspansi 2,5%. Ini diterjemahkan ke dalam pertumbuhan triwulanan 0,5% terhadap perkiraan pasar untuk kenaikan 0,6%.

Konsumsi swasta naik 1,1% pada periode April-Juni dari kuartal sebelumnya, dibandingkan dengan perkiraan pasar rata-rata untuk kenaikan 1,3%.

Diketahui, Jepang yang berstatus sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia, PDB nya mengalami kontraksi dalam tiga dari lima kuartal terakhir.

Di hampir sepanjang kuartal pertama tahun 2022, Jepang memberlakukan pembatasan ekonomi di sebagian besar wilayah sebagai upaya membendung penyebaran Covid-19. Warga dilarang pergi berbelanja atau makan di luar yang menyebabkan penurunan tajam dalam konsumsi pribadi.

Menyusul membaiknya situasi Covid-19, Jepang pun kini berjuang melawan serangkaian pukulan ekonomi, serta berbenah diri kembali sehingga diharapkan segera pulih kembali.