Home Kesehatan Wanita Bermobil Mercy Curi Cokelat, Alfamart Sampai Pakai Hotman Paris Hutapea

Wanita Bermobil Mercy Curi Cokelat, Alfamart Sampai Pakai Hotman Paris Hutapea

Jakarta, Gatra.com- Tengah viral sejak kemarin malam, Minggu, (14/8), di media sosial seorang wanita bermobil Mercy diduga mencuri sejumlah cokelat batangan di sebuah perdagangan ritel Alfamart di Sampora, Tangerang Selatan, Banten.

Situasi makin ramai usai wanita yang belakangan diketahui bernama Mariana itu menggandeng pengacara untuk balik menekan karyawan Alfamart yang memergokinya mencuri. Warganet pun ramai-ramai melontarkan pembelaan kepada karyawan Alfamart.

Tak hanya itu, tak sedikit warganet yang melabeli apa yang dilakukan Mariana sebagai kleptomania. Apa itu sebenarnya kleptomania?

Menurut sebuah artikel Medical News Today yang ditinjau oleh psikolog Jacquelyn Johnson, kleptomania didefinisikan sebagai suatu kelainan kesehatan mental di mana penderitanya mengalami hasrat kompulsif untuk mencuri barang.

"Orang dengan kondisi tersebut bahkan bisa saja mencuri hal-hal yang tak berguna atau yang tak ia butuhkan," tulis artikel tersebut.

Ketika seseorang mengidap kleptomania, ia disebut tak tahan godaan untuk mencuri. Kleptomaniak, sebutan untuk penderita kleptomania, kerap merasakan sensasi intens tertentu saat mencuri dan merasa salah ketika ketahuan mencuri.

Para dokter belum mengetahui pasti apa yang menyebabkan seseorang bisa mengidap kleptomania. Faktor genetika, stres, dan trauma masa lalu bisa jadi penyebabnya.

Akan tetapi, sebagian dokter mengutarakan bahwa kleptomania bisa terjadi karena adanya abnormalitas biokimia dan neurologis di dalam otak. Kleptomania bisa terjadi tatkala neurotransmiter dopamin dan serotonin tidak seimbang.

Kleptomania tergolong sebagai kelainan mental yang jarang terjadi. Baru ada sekitar 0,3-0,6% populasi di dunia yang menderitanya.

Kleptomaniak bisa merasakan derita-derita emosional dan psikologis ketika perilakunya diketahui orang. Selain itu, mereka juga bisa mengalami konsekuensi hukum.

Hal itu jugalah yang saat ini tampak terjadi dalam kasus Mariana. Usai menyewa pengacara untuk menekan karyawan Alfamart, kini giliran petinggi perusahaan ritel tersebut yang menggandeng pengacara. Tak tanggung-tanggung, Alfamart langsung menyewa jasa pengacara kondang Hotman Paris Hutapea.

Itulah yang diungkap oleh Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Solihin, yang mewakili manajemen Alfamart melalui akun resmi Alfamart di Twitter, Senin, (15/8). "Alfamart telah menunjuk kantor hukum Hotman Paris Hutapea sebagai kuasa hukum kami," ujar Solihin dengan tegas.

Solihin menyebut Alfamart berada di pihak karyawannya sendiri yang dinilai telah melakukan upaya yang sesuai prosedur. "Kami menolak tindakan intimidasi terhadap karyawan yang telah berupaya menjalankan tugasnya dengan baik," tandasnya.