Home Milenial Kwarda Sumsel Promosikan Produk UMKM di Jambore Nasional 2022

Kwarda Sumsel Promosikan Produk UMKM di Jambore Nasional 2022

Jakarta, Gatra.com- Lebih dari 31 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ikut terlibat dalam Stand Pameran Kwartir Daerah Sumatera Selatan pada kegiatan Jambore Nasional XI tahun 2022 di bumi perkemahan Cibubur-Jakarta. Setidaknya adala 120 jenis lebih produk yang ikut dipamerkan.

Pada kegiatan Jamnas XI tahun 2022 ini, kwartir Daerah Sumatera Selatan memamerkan  banyak produk lokal yang diambil dari 17 Kabupaten/kota di propinsi sumatera selatan. Diantaranya songket Palembang, Tanjak, anyaman purun, souvenir, pempek, kopi durian, keripik bayam, keriping pisang salai dan sebagainya.

"Semua yang kita tampilkan disini tidak hanya dipamerkan saja, akan tetapi boleh di cicipi dan dijual bila ada yang berminat," ungkap  Ketua Tim Pameran Kontingen Daerah Sumatera Selatan, Wanda Lesmana dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/8).

Selain itu, Wanda mengatakan bahwa pihaknya ingin mengenalkan kepada seluruh Pramuka dari penjuru Indonesia bahwa Sumatera Selatan merupakan salah satu provinsi yang kaya dengan budaya dan keanekaragaman kearifan lokal.

"Selain mempromosikan produk khas daerah, kita juga mempromosikan kesiapan Sumatera Selatan menjadi tuan rumah Perkemahan Bakti Saka Bayangkara Nasional (Pertikaranas) yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang," papar Wanda.

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso juga berkunjung ke Stand Pameran Kwartir Daerah Sumatera Selatan, Minggu (14/8). Dalam kunjungannya, Buwas memuji desain dan isi yang ditampilkan karena mengusung produk UKM lokal Sumatera Selatan

"Sumsel luar biasa, beginilah seharusnya Pramuka, yang mampu mendayagunakan dan mengoptimalkan kearifan lokal sehingga terbentuk karakter Cinta tanah air" ujar Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog)  tersebut.

Menurut dia, tampilan stand pameran tidak hanya melulu menampilkan desain exterior maupun interior yang cantik. "Tapi jauh dari itu bagaimana stand pameran kontingen itu bisa memberi peran edukasi kepada pengunjung untuk lebih mengenal budaya Nusantara, termasuk didalamnya tentang produk kerajinan dan kulinernya," tegasnya.