Home Sumbagsel Gembleng Makna Keutuhan Berbangsa dan Bernegara Terhadap Pelajar Ala Kodam II/Sriwijaya

Gembleng Makna Keutuhan Berbangsa dan Bernegara Terhadap Pelajar Ala Kodam II/Sriwijaya

Palembang, Gatra.com - Meningkatkan kesadaran bela negara lewat pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat, Perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Terpusat tingkat Daerah Kodam II/Swj Gelombang I TA 2022 di Gelar. 

Kegiatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dari gugus depan diikuti 150 pelajar itu, berlangsung di Jasdam II/Sriwijaya sebagai kegiatan rutin dan dalam rangkaian HUT Pramuka tahun 2022.

Dikatakan, Asisten Teritorial (Aster) Kasdam II/Sriwijaya Kolonel Kav Zubaedi SSos MM, para pelajar yang ikut dalam kegiatan yang berlangsung 5-7 Agustus 2022 lalu, merupakan para penerus bangsa yang harus dapat baik dalam segala hal. Karena itu untuk membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa Indonesia, demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sangatlah diperlukan pelatihan yang rutin dan terarah, agar pelaksanaan yan dilakukan dapat sampai pada target dan harapan. Dalam pelaksanaanya, segala aktivitas alam di darat, seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai, dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok.

"Harapan kita para anak bangsa para penerus ini dapat menjadi sosok yang lebih baik. Untuk mewujudkan cita-cita bangsa dan Negara," katanya yang juga sebagai Kapin Saka Wira Kartika Kodam II/Swj saat dibincangi Gatra.com, Senin (15/8).

Selain itu, dia juga sangat mendorong para pramuka untuk meningkatkan perannya dalam aksi-aksi Pramuka di bidang masing-masing. Menurutnya, gerakan Pramuka telah menunjukkan sesuatu yang positif bagi pembentukan dan penguatan karakter bangsa. Lewat kegiatan kepramukaan dan bertepatan sengan Hut Pramuka tahun ini.

Ia menilai, praktek kegiatan dan hubungan antar sesama anggota Pramuka yang tidak membedakan seseorang berdasar suku, agama, ras maupun alirannya, sungguh merupakan modal kuat bagi tetap terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah NKRI.

"Karna itu, perubahan peradaban dunia sebagai dampak globalisasi dan kemajuan teknologi informasi, menuntut semua agar dapat membuat kiat-kiat baru dalam penyusunan program kepramukaan agar tetap menarik dan diminati kaum muda,"Ungkapnya

Ia juga berharap, peningkatan kemampuan kaum muda untuk menjadi filter budaya, pengaruh mana yang cocok dengan kepribadian kita, dan pengaruh mana yang tak sesuai, bahkan harus dicegah atau ditolak karena dapat merusak masa depan bangsa.

Dan kondisi saat ini tumbuhnya beberapa faham radikal akhir-akhir ini, serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan contoh riil yang harus ditangkal. "Semoga kita semua menjadi Pramuka yang lebih baik dan dapat terus menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Hari Pramuka," tutupnya.