Home Gaya Hidup Membangun Semangat Berkolaborasi UMKM Melalui Yayasan Dharma Bakti Astra

Membangun Semangat Berkolaborasi UMKM Melalui Yayasan Dharma Bakti Astra

Tangerang Selatan, Gatra.com - Pada pagelaran pameran otomotif GIIAS 2022 yang dilaksanakan di ICE BSD, Tangerang Selatan. Di pameran tersebut menghadirkan banyaknya booth yang dimana salah satunya booth UMKM binaan Yayasan Dharma Bakti Astra.

Yayasan tersebut sudah berdiri sejak 42 tahun yang lalu. Visi dari yayasan ini adalah untuk membina usaha mikro kecil dan menengah. Dalam membina UMKM, yayasan ini mendorong agar bisa naik kelas. Dan di yayasan ini juga terdapat 4 level yaitu pemula, madya, pra mandiri, dan mandiri.

Menurut  Departemen Communication and Information System Yayasan Dharma Bakti Astra, Rahmat Handoyo mengatakan, jika level yang sudah disebutkan sebelumnya akan dinilai dalam 5 pilar, yakni pilar HRD, pilar produksi, pilar pemasaran, pilar keuangan, dan pilar EHS & CSR. Yang bertujuan untuk mengenalkan UMKM dengan sistem cara kerja Astra.

"Jadi kita mengenalkan UMKM dengan cara kerja Astra seperti itu. Bicara kemandirian tentunya disesuaikan dengan bidang usaha UMKM tersebut dalam membina upaya fokus kepada 4 bidang yaitu manufaktur bengkel, kerajinan, kuliner, dan pertanian," ucap Rahmat. 

Berbicara tentang Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) juga menyediakan pelatihan dan memberikan pendampingan pemasaran dan memfasilitasi pembiayaan, agar bisa bersinergi dengan pihak Astra dan perusahaan swasta lainnya. Yayasan ini juga bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan Kementerian Keuangan yang turut berpartisipasi dan berkolaborasi dengan usaha swasta lainnya.

Kedepannya pihak Yayasan akan lebih bersemangat untuk menjalankan misi dalam membina dan mendorong UMKM agar tetap produktif. "Di tahun ini kita masih mengedepankan semangat kolaborasi dan inovasi. Namun, sejalan dengan pemerintah dan sejalan dengan Astra," tambahnya.

100