Home Lingkungan Monyet di Bali Menginternasional Gegara Mainan Seks dengan Batu

Monyet di Bali Menginternasional Gegara Mainan Seks dengan Batu

Lethbridge, Kanada, Gatra.com- Monyet jantan dan betina di Bali sering menggunakan alat-alat batu sebagai mainan seks. Para ahli menganalisis rekaman kera di Suaka Margasatwa Hutan Kera di Bali. Daily Mail, 16/8.

Mereka melihat ratusan contoh jantan dan wanita bermasturbasi dengan batu. Peneliti percaya monyet menggunakan mainan seks untuk kesenangan.

Setiap tahun, ribuan pengunjung berduyun-duyun ke Suaka Hutan Kera Suci Bali untuk melihat kera ekor panjang di habitat aslinya. Tetapi pengunjung bisa mendapatkan lebih dari yang mereka bayar, menurut sebuah studi baru.

Para peneliti dari University of Lethbridge, Kanada, telah mengungkapkan bagaimana monyet – baik jantan maupun betina – sering menggunakan alat-alat batu sebagai mainan seks untuk kesenangan diri mereka sendiri.

Para peneliti dari Universitas Lethbridge telah mengungkapkan bagaimana monyet di Suaka Hutan Kera Suci Bali – baik jantan maupun betina – sering menggunakan alat-alat batu sebagai mainan seks untuk bersenang-senang (stock image)

Penelitian sebelumnya menyarankan primata masturbasi sebagai cara untuk membersihkan sperma berkualitas rendah sebelum mereka kawin.

Namun, dalam kasus ini, kera Bali jantan tidak menggunakan mainan seksnya untuk ejakulasi. Sebaliknya, para peneliti percaya monyet menggunakan mainan seks untuk kesenangan.

Dr Cyril Grueter, Associate Professor Primatologi di University of Western Australia, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mengatakan: "Ini tidak perlu memberikan fungsi selain penghargaan diri."

'Selama perilaku tidak berdampak negatif terhadap kebugaran individu, mungkin tidak akan disingkirkan.'

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa beberapa primata non-manusia lainnya melakukan masturbasi menggunakan berbagai alat.

Misalnya, pada tahun 2018, para peneliti melihat simpanse jantan liar menggunakan botol plastik bekas untuk bersenang-senang.

Dan pada tahun 2016, seekor simpanse jantan di Tanzania terlihat sedang melakukan masturbasi dengan sepotong buah.

Namun, hingga saat ini belum jelas apakah kera ekor panjang juga melakukan masturbasi dengan alat bantu.

Dalam studi baru, para peneliti mempelajari rekaman video yang diambil dari kera ekor panjang di Suaka Hutan Monyet Suci dari 2016-2019.

Dalam video tersebut, mereka melihat ratusan contoh monyet menggosok atau mengetuk batu di alat kelamin mereka saat dalam posisi duduk.

Jantan lebih banyak bermain dengan batu ketika penis mereka direntangkan dengan satu tangan atau tegak, yang menunjukkan bahwa tindakan itu untuk kesenangan seksual, menurut para peneliti.

Namun, lebih sulit untuk memahami apakah betina menggosok batu untuk kesenangan seksual atau tidak.

Mereka cenderung memilih batu yang lebih kasar untuk diterapkan pada alat kelamin mereka, yang menurut para peneliti dapat memberikan rangsangan yang lebih besar daripada batu halus.

Fakta bahwa monyet diberi makan secara teratur oleh pengunjung suaka juga dapat mendorong perilaku tersebut, menurut Dr Grueter.

'Monyet-monyet ini mendapatkan makanan dari orang-orang dan karenanya harus menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari makanan alami,' tambahnya.

'Ini membebaskan waktu dalam jadwal aktivitas mereka yang dapat dikhususkan untuk kegiatan yang tidak penting, seperti masturbasi dengan mainan seks.'