Home Internasional Miliarder Ratcliffe Tertarik Membeli Manchester United

Miliarder Ratcliffe Tertarik Membeli Manchester United

Dubai, Gatra.com - Miliarder Inggris, Jim Ratcliffe tertarik untuk membeli Manchester United (MU). Sebuah sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters setelah Elon Musk mengatakan rencananya untuk membeli klub Liga Premier itu hanya bagian dari “lelucon yang sudah lama.”

Orang terkaya di dunia, Elon Musk mengatakan pada Selasa malam di Twitter bahwa dia ingin membeli klub paling sukses di Inggris sebelum mengklarifikasi bahwa itu hanyalah lelucon dan bahwa dia tidak tertarik untuk membeli tim olahraga mana pun.

Pemilik klub, keluarga American Glazer, berada di bawah tekanan dengan MU ketika berada di dasar Liga Premier, setelah dua pertandingan musim ini. 

Bloomberg melaporkan mereka akan mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas, membuka pintu bagi Ratcliffe.

Sebuah sumber yang dekat dengan Ratcliffe mengatakan miliarder itu adalah pembeli potensial, karena dia ingin membantu membangun kembali tim. 

The Times pertama kali melaporkan minat Ratcliffe pada hari Rabu.

“Tidak jelas apakah niat itu akan menghasilkan kesepakatan. Keluarga Glazer belum siap untuk mengakui kepemilikan saham pengendali di Manchester United, dan memiliki ekspektasi untuk menilai klub lebih dari dua kali lipat kapitalisasi pasar saat ini senilai US$2,2 miliar,” kata sumber lain.

Pada Mei 2022, Chelsea Football Club dijual ke konsorsium yang dipimpin oleh grup investasi yang dipimpin Todd Boehly dan Clearlake Capital seharga US$3,2 miliar (2,5 miliar pound).

The Glazers telah menjadi sasaran kritik keras atas kegagalan berinvestasi dalam tim yang belum memenangkan trofi dalam lima tahun. Utang bersih MU bertambah 11 persen menjadi sekitar 496 juta pound (US$ 598 juta) pada akhir Maret.

Pemilik juga telah dikritik karena tidak memperbaiki stadion Old Trafford, stadion klub terbesar di negara ini dengan kapasitas sekitar 75.000 penonton.
Ratcliffe, kepala perusahaan kimia INEOS, diketahui berasal dari daerah Manchester dan penggemar lama MU.

Ratcliffe gagal tahun ini dalam upaya untuk membeli klub London Chelsea, yang akhirnya dibeli oleh kelompok investasi yang dipimpin Todd Boehly dan Clearlake Capital.

MU menyelesaikan musim lalu di urutan keenam dalam kampanye Liga Premier terburuk mereka, sehubungan dengan poin yang diperoleh, dan gagal lolos ke Liga Champions Eropa.

Mereka terakhir memenangkan rekor dari 20 gelar liga papan atas pada 2013, tahun ketika Alex Ferguson mengundurkan diri sebagai manajer setelah lebih dari 26 tahun bertugas.

Klub merekrut manajer Erik ten Hag dari Ajax Amsterdam dalam upaya untuk membalikkan keuntungan mereka tetapi pelatih asal Belanda itu belum berhasil memaksakan gaya permainannya, dan MU kehilangan dua pertandingan pembukaan mereka setelah kebobolan enam gol.

MU bermain melawan rival bebuyutan mereka Liverpool, yang mencetak sembilan gol tanpa balas dalam dua pertemuan liga mereka musim lalu, di Old Trafford, Senin.

Saham Manchester United melonjak 6,96 persen pada hari Rabu.

68