Home Sumbagsel Mengocok Perut, Keseruan ODGJ Adu Ketangkasan Bersama Pegawai RS Ernarldi Bahar Palembang

Mengocok Perut, Keseruan ODGJ Adu Ketangkasan Bersama Pegawai RS Ernarldi Bahar Palembang

Palembang, Gatra.com - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT-RI) ke-77, pasien dari enam bangzal di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Ernaldi Bahar Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), berbaur bersama para pegawai dalam gelaran lomba tujuh belasan, Kamis (18/8).

Terlihat bersuka ria para pasien Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) saat mengikuti lomba dengan memancarkan seyum bahagia. Bahkan gelak tawa dari aksi kocak mereka membuat suasana menjadi makin cair diselimuti kebahagiaan.

Humas RSJErnaldi Bahar Palembang, Iwan Andhyantoro mengatakan bahwa setiap tahun pihaknya memfasilitasi para pasien binaan untuk berpartisipasi dalam kegiatan perlombaan memeriahkan HUT RI atau dikenal juga dengan sebutan tujuh belasan.

Kali ini, para peserta lomba dari pegawai dan pasien dari bangzal rawat inap, wanita sebanyak dua orang, tiga orang dari bangzal rawat inap pria, dan satu bangzal rehabilitasi narkoba mengirimkan pasiennya untuk berpartisipasi dalam kegiatan lomba ini.

"Perlombaannya yaitu, mulai lomba makan kerupuk, memindahkan kelereng dengan menggunakan sumpit, memindahkan bendera, joged balon berpasangan dan lainnya," ujarnya kepada Gatra.com. 

Dia juga menjelaskan, kegiatan lomba bagi para pasien merupakan salah satu bentuk terapi untuk memperbaiki pola komunikasi, ketrampilan bersosialisasi, dan lainnya.

"Release emosi, memahami realitas membangun rasa percaya diri,  dan tentu saja tak lepas dari unsur hiburan dan relaksasi bagi mereka," terangnya. 

Iwan juga berharap, di HUT RI kali ini, akan semakin hebat, kuat masyarakat sejahtera dan sehat sentosa. "Selamat HUT RI ke-77 Tahun. Merdeka Indonesia," tutupnya.

Reporter: Bubun K