Home Sumbagsel Lomba 17 Agustusan, Warga Sungai Keruh Request Hadiah Beras Ternyata Ini Alasannya

Lomba 17 Agustusan, Warga Sungai Keruh Request Hadiah Beras Ternyata Ini Alasannya

Sekayu, Gatra.com - Setelah kurang lebih dua tahun tanpa perayaan akibat pandemi Covid-19, HUT RI ke-77 di Kecamatan Sungai Keruh, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), berlangsung meriah. Berbagai jenis lomba tradisional dilaksanakan seperti enggrang, terompa, balap karung, dan lomba gaple dengan total hadiah 1 ton beras.

Camat Sungai Keruh, Edi Haryanto SH mengungkapkan, kegiatan yang dilakukan merupakan rangkaian dalam menyemarakan HUT RI ke-77 yang telah dilaksanakan sejak 15 hari yang lalu sebelum puncak 17 Agustus.

“Rangkaian kegiatan yang dilakukan merupakan rasa rindu masyarakat terhadap kegiatan positif pada kegiatan 17 Agustus. Alhamdulillah, antusias masyarakat menambah semarak HUT RI ke-77 di Kabupaten Muba, yang selama dua tahun terakhir lomba-lomba tradisional menyambut hari kemerdekaan tersebut ditiadakan karena Pandemi Covid-19,” ujar Edi, Kamis (18/8).

Lanjutnya, dari kegiatan yang dilaksanakan sejak 15 hari lalu, sejumlah UMKM ikut berpartisipasi. “Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini kita mengajak UMKM yang ada di Kecamatan Sungai Keruh, untuk meramaikan acara. Jadi kita menghidupkan ekonomi lokal,” jelasnya.

Adapun rangkaian lomba dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-77 antara lain Volly ball, Gaplek, Goyang balon, Pecah balon, makan kerupuk, Kelereng, Balap karung, Enggerang, Terumpa atau bangkit, Kasti, Pindah sagu, karoke, dan Panjat pinang.

“Untuk hadiah ada peralatan elektonik, selain itu kita hadiah khusus yakni 1 ton beras untuk lomba gaple dan lainnya. Pemberian hadiah beras karena permintaan masyarakat, karena lebih bermanfaat,” jelasnya.