Home Regional 10.500 Pendaki Memperingatan 77 Tahun RI di Puncak Gunung Talang

10.500 Pendaki Memperingatan 77 Tahun RI di Puncak Gunung Talang

Solok, Gatra.com - Peringati 17 Agustus 2022,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok bersama 10.500 Pendaki menggelar Upacara Penaikan Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Talang. 

Dalam perjalanan Bupati Solok Bersama Rombongan melaksanakan pendakian Gunung Talang selama Kurang lebih 2 jam perjalanan melalui Jalur Bukit Bulek pada jam delapan pagi, dan tiba di lokasi kegiatan pada jam sepuluh pagi. 

Setiba di Lokasi kegiatan Bupati bersama Rombongan serta seluruh pendaki melaksanakan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih.

Bupati Solok selaku Inspektur Upacara, Epyradi Asda dalam arahannya mengatakan, merebut kemerdekaan bukanlah hal yang mudah namun untuk mengisi kemerdekaan ini juga bukanlah hal yang mudah, sebagai mana cita-cita para pahlawan demi anak cucunya sehingga bisa menikmati kemerdekaan serta kehidupan yang damai dan tentram. 

"Alhamdulillah tepat Pada 77 tahun yang lalu dimana para pejuang negara kita diwakili Bapak Proklamator Soekarno dan Hatta telah memproklamirkan Kemerdekaan Republik Indonesia yang kita cintai ini," kata Epyardi. 

Ia juga mengungkapkan sebagai Bupati sengaja mengajak Bapak Ibu semua melaksanakan peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-77 di Puncak Gunung Talang, ini guna dapat menghayati bagaimana perjuangan para Pahlawan dalam merebut Kemerdekaan. 

"Saya berharap terkhususnya pada generasi muda mari kita isi kemerdekaan ini dengan semangat sehingga dapat mewujudkan apa yang menjadi cita-cita bagi pendiri bangsa dan negara, yang kita cintai ini," kata dia. 

Dalam melaksanakan pendakian gunung talang ini ada yang merasakan sakit dan kelelahan namun itu semua belum bisa mengalahkan Perjuangan para pahlawan dalam merebut Kemerdekaan.

"Sebagai Bupati saya berjanji pada kita semua akan melanjutkan perjuangan dengan membangun kampung halaman kita seperti apa yang dinginkan para Pejuang kita terdahulu," katanya. 

Dalam kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan deviden dari bank Nagari untuk Pemda Kabupaten Solok tahun pembukuan 2021 yang telah diserahkan ke dana kas daerah pada tanggal 28 April 2022 sebesar Rp.7.498.000.000 serta penyerahan bantuan CSR dari Bank Nagari kepada Pemda Kabupaten Solok sebesar Rp. 170.000.000. 

Diakhir kegiatan Bupati menyampaikan bahwa akan membenahi sektor wisata Gunung Talang ini dimana akan diberikan bantuan pembangunan mushalla dan sanitasi yang layak bagi para pendaki.

"Selamat dan terima kasih kepada Penggiat Pencinta Alam se Indonesia yang telah ikut hadir dan berpartisipasi dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 bersama Pemkab Solok di Puncak Gunung Talang, semoga kedepan nya kami Pemkab Solok, bisa menyuguhkan fasilitas yang memadai diwisata Gunung Talang ini," katanya.

93