Home Nasional Presiden Jokowi Apresiasi Pelaksanaan Jambore Nasional XI Tahun 2022

Presiden Jokowi Apresiasi Pelaksanaan Jambore Nasional XI Tahun 2022

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengapresiasi pelaksanaan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022. Adapun tema Jamnas yang diangkat tahun ini yaitu "Melalui Kegiatan Jamnas XI 2022, Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi".

Kepala negara menilai kegiatan Jamnas tahun ini sangat baik karena beragam kegiatan yang dapat diikuti oleh para pramuka penggalang.

"Saya kira kegiatannya sangat beragam. Keterampilan ada, teknologi ada, alam ada, budaya ada. Saya kira sangat bagus," ujar Jokowi saat mengunjungi para pramuka penggalang di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta, Jumat (19/8).

Kepala Negara menerangkan bahwa kegiatan Jamnas tahun ini tidak hanya berhubungan dengan lama, tetapi juga lingkungan hidup dan pengenalan warisan budaya tak benda Indonesia berupa batik kepada para pramuka penggalang.

"Tadi saya lihat sudah bermacam-macam kegiatan baik yang berkaitan dengan sampah plastik itu isu lingkungan, ada yang juga panjat tebing, dikenalkan dari daerah-daerah yang belum ada batik membuat batik," paparnya.

Jokowi juga mengapresiasi adanya pengenalan teknologi digital kepada para penggalang melalui zona kampung digital dan komputasi awan.

"Saya lihat juga tadi anak-anak dikenalkan dengan teknologi, dengan digital, cara membuat website, cara bermain di e-sport," imbuh Jokowi.

Jamnas XI Tahun 2022 telah dilakukan sejak 14 Agustus lalu yang juga bertepatan dengan Hari Pramuka Ke-61. Jamnas tahun ini diikuti pramuka penggalang dari seluruh kabupaten/kota di Tanah Air dengan rentang usia 11-15 tahun. Selain itu, Jamnas juga diikuti peserta dari luar negeri.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso.

126