Home Info Kementrian Sandiaga Berkunjung ke Bali, Dukung Pengembangan Pariwisata Berbasis Komunitas

Sandiaga Berkunjung ke Bali, Dukung Pengembangan Pariwisata Berbasis Komunitas

Buleleng, Gatra.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melakukan kunjungan ke Desa Wisata Sudaji, Buleleng, Bali, pada Jumat (19/8). Desa wisata tersebut diketahui masuk ke dalam daftar 50 besar desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Desa tersebut, menurut Sandiaga, telah dikelola dengan baik oleh para pemuda desa. Terlebih, mereka justru mengedepankan kearifan lokal yang ada, serta menjadikan Desa Wisata Sudaji sebagai 'green sustainable palace'. Ia pun mendukung pengembangan 'community based tourism' di desa tersebut.

"Inilah konsep pariwisata berbasis komunitas yang terbaik yang bisa kita tunjukkan kepada dunia," kata Sandiaga dslam keterangannya.

Untuk diketahui, komunitas di Desa Wisata Sudaji senantiasa menjaga dan melestarikan seni budaya yang mereka miliki. Beberapa di antaranya ialah tari-tarian seperti Tari Prabawaning Sudaji atau Tari Baleganjur Tunjung Sakti, serta acara tahunan 'Festival Bukaka', yang amat kental dengan kearifan lokal setempat.

"Yang menarik dari desa Desa Wisata Sudaji adalah kekuatan pertanian yang terus berkembang dan meningkat. Desa Wisata Sudaji ini juga dapat menjadi penopang kekuatan dan ketahanan pangan bukan hanya di Bali tapi di seluruh Indonesia," bangga Sandiaga.

Dalam kunjungan tersebut, Sandiaga membawa serta seorang YouTuber asal Australia Damian Hoo,untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali, khususnya di Bali Utara dan Bali Barat.

"Saya mengajak Damian Hoo sebagai bagian dari langkah konkrit kita untuk mempromosikan destinasi-destinasi di Bali Utara dan Bali Barat, terutama di Kabupaten Buleleng agar menjadi daya tarik dan nanti saat G20, Desa Wisata Sudaji juga menjadi tujuan dari pada kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif kita," katanya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana mengaku, pihaknya akan mendukung 100% upaya pemerintah dalam menjadikan Desa Sudaji sebagai satu destinasi 'community based tourism', baik di Buleleng, maupun dalam konteks Bali secara umum.