Home Gaya Hidup Wisata Sejarah Paling Ramai Peminat Pasca Pandemi

Wisata Sejarah Paling Ramai Peminat Pasca Pandemi

Riau, Gatra.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut sejarah sebagai salah satu tema wisata yang diminati wisatawan, terutama pada masa pariwisata era baru pascapandemi COVID-19.

"Jadi wisata berbasis heritage, wisata berbasis pusaka, wisata berbasis sejarah ini menjadi salah satu tema pariwisata yang banyak diminati, karena selain daya tariknya yang kuat juga sesuai dengan tren pariwisata era baru," kata Sandiaga Uno dalam acara "Temu Pusaka Indonesia 2022" di Lapangan Siak Bermadah, dalam siaran pers, Minggu (21/8).

Sandi menjelaskan, tren pariwisata era baru yang berkembang setelah pandemi COVID-19 adalah pariwisata yang dipersonalisasi, kostumisasi, dilokalkan, dan dilakukan dalam ukuran yang lebih kecil. Tren tersebut dipandang sesuai dengan pariwisata berbasis sejarah, termasuk pusaka, yang cenderung tidak dilakukan dalam kelompok besar, namun tetap memberikan pengalaman berwisata yang kuat.

"Wisata sejarah juga membawa manfaat terutama jika dikemas dengan dilengkapi kearifan lokal. Destinasinya di-branding dengan cermat dan pengembangannya dikemas dengan penuh kemaslahatan bagi masyarakat," ujarnya.

Sandiaga mengaku yakin, bahwa wisata berbasis sejarah dan budaya telah menjadi salah satu andalan Indonesia dalam sektor pariwisata.