Home Hukum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia Serahkan Hasil Autopsi Ulang Brigadir J ke Bareskrim

Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia Serahkan Hasil Autopsi Ulang Brigadir J ke Bareskrim

Jakarta, Gatracom - Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia Ade Firmansyah Sugiharto mendatangi Bareskrim Polri untuk menyerahkan hasil autopsi ulang Brigadir J.

“Tujuan kami memang alhamdulillah hasil bisa kita selesaikan dalam waktu yang sesegera mungkin supaya bisa membantu penyidik dalam membuat terang perkara ini,” ujarnya saat konferensi pers di Lobi Bareskrim Jakarta, Senin (22/8).

Ade menjelaskan bahwa yang ia jalankan sudah sesuai dengan pasal 133 ayat 1 bahwa memang ini kewenangan penyidik untuk membuat terang perkara tersebut.

“Kami harapkan memang hasil yang kami berikan ini bisa semakin meyakinkan, sebagai penyidik, tentang bagaimana luka-luka yang ada pada tubuh korban serta bagaimana efeknya terhadap tubuh almarhum,” terangnya.

Ketua Dokter Tim Forensik mengaku siap memberikan keterangan atau pendapat-pendapat lebih jauh sesuai keahlian dan kompetensi baik itu di luar persidangan maupun di dalam persidangan nantinya.

Ade juga menuturkan bahwa yang ia kerjakan itu bersifat independen tidak memihak dan tidak dipengaruhi oleh apapun.

“Informasi-informasi yang kami bisa, sudah disampaikan secara lengkap dengan analisa-analisa dengan menggunakan ilmu kedokteran forensic yang terbaik yang kami miliki dan kami yakinkan kepada awak media dan seluruh masyarakat Indonesia,” sambungnya.

Ade juga menegaskan tidak ada tekanan-tekanan apapun kepadanya sehingga bisa bekerja secara leluasa dan bisa menyampaikan hasilnya dalam kurun waktu 4 minggu.

103