Home Ekonomi Dongkrak Pasar Ekspor, Jokowi Resmikan Food Estate Mangga di Gresik, Dongkrak Pasar Ekspor

Dongkrak Pasar Ekspor, Jokowi Resmikan Food Estate Mangga di Gresik, Dongkrak Pasar Ekspor

Gresik, Gatra.com - Presiden Joko Widodo resmikan lumbung pangan (food estate) berbasis mangga di Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur, Senin (22/8).

Jokowi mengatakan, lumbung pangan mangga tersebut diharapkan dapat terintegrasi dengan sejumlah infrastruktur pendukung yang telah dibangun pemerintah, salah satunya embung.

"Kita harapkan ini food estate ini ada yang milik rakyat, ada yang milik swasta dan kita ingin itu terintegrasi dengan embung yang dibangun di sini, ada embungnya, ada food estate-nya, jadi masyarakat bisa dapat, swasta juga bisa bergerak," ujar Jokowi dalam keterangan resmi, Senin (22/8).

Kepala negara berujar, food estate mangga juga diharapkan bisa memenuhi kebutuhan mangga dalam negeri hingga pasar ekspor seperti Timur Tengah, Tiongkok, Jepang hingga benua Eropa. Sebab itu, food estate mangga nantinya akan dikembangkan di sejumlah daerah di Indonesia.

"Nanti tidak hanya di Kabupaten Gresik tapi juga di kabupaten lain yang kira-kira memiliki kondisi lahan marginal yang cocok untuk mangga," ungkap Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi menekankan agar diadakan pendampingan untuk memastikan kualitas produk sesuai standar yang ditetapkan calon pembeli dan pasar.

"Saya senang kelihatan yang sudah tertanam disini manajemennya sangat baik dan kita harapkan nanti juga ada pendampingan QC quality control dari buyer-nya sehingga level kualitasnya akan naik," tuturnya.

92