Home Regional Remaja Harus Berkarakter untuk Generasi Berencana

Remaja Harus Berkarakter untuk Generasi Berencana

Salatiga, Gatra.com - Anak remaja sebaiknya bisa menjadi generasi berencana yang mampu mempersiapkan diri dengan baik untuk kehidupannya. Karena itu, seorang remaja harus dibekali dengan penguatan karakter yang baik sebagai tumpuan kehidupan berkeluarga di masa yang akan datang.

Hal tersebut disampaikan oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Salatiga, Sinoeng N Rachmadi bersama istri, Ny. Denok Respati Sinoeng dalam acara Jambore Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kota Salatiga, di Pendopo Taman Sidomukti Kota Salatiga, Selasa (23/8).

“Belajar menjadi remaja yang mampu merencanakan segalanya dengan baik dengan pertimbangan yang benar-benar matang. Generasi berencana itu harus dibekali dengan penguatan karakter diri yang baik,” ujar Sinoeng.

Dalam kegiatan jambore Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) ini, Sinoeng juga melakukan motivasi, pemberian semangat dan pembangunan karakter kepada anak-anak remaja pilihan yang masuk ke dalam PIK-R yang ada di Kota Salatiga.

“Saya nitip kepada siapapun yang menjadi ketua regu atau ketua kelompok, anggotanya harus patuh. Karena seorang pemimpin menjadi acuan komando, sehingga kelompok remaja tersebut bisa berjalan dan akan membawa manfaat di dalam kelompoknya. Penguatan karakter akan terbangun dengan baik di dalamnya,” sebutnya.

Kepala DP3APPKB, Yuni Ambarwati mengatakan bahwa pembinaan PIK-Remaja dan genre berencana menjadi tugas dinas DP3APPKB, sehingga akan mewujudkan kehidupan berencana di masa depan dengan baik, sehat dan sejahtera dengan diawali dengan pemberitahuan dan pengetahuan dari awal. Anak remaja yang masuk dalam kelompok ini bisa menjadi konseling untuk teman sebaya dalam memberikan informasi tentang keluarga yang sehat dan sejahtera.

“Bagaimana nanti pendidikannya, berkarier, bagaimana bekerja, termasuk bagaimana nanti merencanakan pernikahan. Tidak melakukan pernikahan dini yang akan berakibat meningkatnya angka stunting pada anak. Ini yang harus kita cegah dan awasi. Semoga dengan adanya kegiatan positif ini bisa memotivasi dan mewujudkan kreativitas, inovasi dan menjadi generasi berencana yang luar biasa,” katanya.

171