Home Hiburan Mendag Yakin Fashion Muslim Indonesia Bisa Berkembang dan Go International

Mendag Yakin Fashion Muslim Indonesia Bisa Berkembang dan Go International

Jakarta, Gatra.com- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyatakan dalam pertemuan Fashion Show "From Local Wisdom for Global Inspiration" bahwa fashion muslim dunia kian naik seiring dengan pertumbuhan masyakarat muslim di dunia.

"Hampir 30% penduduk dunia itu muslim, oleh karena itu pasarnya semakin besar dan saya juga melihat banyak potensi dari teman-teman designer kita yang memiliki banyak karya yang bisa dikembangkan hingga go internasional" katanya dalam sambutan di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat.

Dalam upaya membantu para designer, Zulhas kerap menyampaikan akan membantu untuk mewujudkannya. "Karena fashion kita juga ga kalah dengan Timur Tengah, bahkan kebanyakan rancangan dari lokal menggunakan warna-warna yang hidup dan berwarna. Kita akan dukung itu untuk ke pasarnya" Jelasnya.

Dalam mewujudkan hal tersebut, perlu satu hal yang diperhatikan yaitu daya beli produk modest fashion. Saat ini diperkirakan meningkat 6,1% dalam empat tahun terakhir dan akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Saya kira ini jadikan momentum untuk menyerbu pasar global," ujarnya dalam Press Conference yang diadakan pada Selasa (23/8) kemarin.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor fesyen muslim pada triwulan pertama 2022 tercatat sebesar US$ 2,85 miliar. Hal ini diperkirakan naik hingga 39,86% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kemendag rencananya akan memuat suatu wadah yang bisa memudahkan ke global market, Zulhas juga mengatakan pihaknya sepakat tandatangan dengan beberapa negara Asean seperti Korea Selatan, Jepang hingga ke Dubai.

"Dengan upaya kerja sama ini, kita meminimalkan pajak, pajak yang dihasilkan pun 0% untuk kerja sama perdagangan. Sehingga untuk fashion muslim dunia bisa berkembang dengan baik di beberapa negara." katanya.

Dalam sambutan penutup, Zulhas kerap menyatakan ada beberapa negara yang menjadi tujuan untuk ekspor fashion muslim yakni Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Kanada dan Jerman. "Semoga dengan ini, kita bisa sama-sama berkembang lewat fashion muslim" tutupnya.