Home Hiburan Simfoni Untuk Bangsa 2022 Kembali Digelar Luring, Ada Isyana Sarasvati

Simfoni Untuk Bangsa 2022 Kembali Digelar Luring, Ada Isyana Sarasvati

Jakarta, Gatra.com - Konser Simfoni Untuk Bangsa 2022 akan hadir kembali di tahun ini secara offline. Dua tahun ke belakang, gelaran ini dilangsungkan secara daring lantaran pandemi Covid-19 melanda.

Dalam penyelenggaraan kali ini, Simfoni Untuk Bangsa 2022 dibawakan oleh The Resonanz Music Studio di bawah arahan direktur musiknya, Avip Priatna. Ia ingin gelaran ini bisa mempertahankan eksistensi musik klasik dengan elemen Tanah Air.

"Kami ingin melestarikan karya-karya klasik Indonesia. Kami juga ingin lagu-lagu daerah tetap lestari dan diperdengarkan," ujar Avip dalam konferensi pers di Balai Resital Kartanegara, Jakarta Selatan, Rabu sore, (24/8/2022).

Simfoni Untuk Bangsa 2022 ini memang membawakan tema kebanggaan Tanah Air. Avip mengatakan ia ingin agar konser ini dijadikan ajang unjuk gigi bagi komposer musik klasik dari berbagai daerah di Indonesia.

"Kami ingin beri kesempatan bagi arranger Indonesia untuk mengemas lagi lagu-lagu lama dengan aransemen kekinian dan bahkan kira-kira bisa diterima di level internasional," ujar Avip.

Selain itu, Avip juga ingin agar lagu-lagu daerah dari wilayah khas masing-masing di Indonesia bisa lebih memasyarakat. Ia tak ingin musik daerah Nusantara terkikis eksistensinya oleh perkembangan musik dari luar negeri.

"Kita semua tahu perkembangan musik dunia itu bergerak sangat cepat. Nah, jangan sampai anak-anak muda kita nggak tahu musik-musik daerah," tutur Avip.

Dalam menyelenggarakan Simfoni Untuk Bangsa 2022 ini, The Resonanz Music Studio menggandeng Indonesia Kaya sebagai pendukung. Program Director Indonesia Kaya, Renitasari Adrian, berharap konser ini bisa menyentuh ketertarikan anak muda.

"Harapannya konser ini bisa menginspirasi anak muda untuk mengenal musik klasik dan semoga lagu-lagu daerah bisa lebih dikenal dinkancah internasional," ujar Renitasari.

Dalam gelaran Simfoni Untuk Bangsa 2022 yang akan digelar Sabtu, 27 Agustus 2022 nanti, ada beberapa musisi yang akan tampil. Nama Isyana Sarasvati adalah salah satunya.

Walau terbilang mepet, Isyana mengaku telah mempersiapkan segalanya sebaik mungkin. "Aku baru ketemu Kak Avip hari ini dan konsernya tinggal tiga hari lagi," ujarnya.

Beberapa nama lainnya adalah Jakarta Concert Orchestra (JCO), Batavia Madrigal Singers, Filda Salim, dan Farman Purnama.