Home Apa Siapa Andien Sebut Anaknya Tak Pernah Ruam Popok, Kok Bisa?

Andien Sebut Anaknya Tak Pernah Ruam Popok, Kok Bisa?

Jakarta, Gatra.com – Ruam popok merupakan masalah kulit yang biasanya timbul pada bayi. Kondisi ini membuat bagian bokong bayi menjadi kemerahan akibat peradangan. Hal itu terjadi lantaran sifat kulit bayi yang cenderung lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa.

Meski umum terjadi, penyanyi kenamaan Andien justru mengaku bahwa kedua putranya tidak pernah mengalami ruam popok semasa bayi. Pasalnya, Andien telaten untuk mengganti popok sang buah hati.

“Mungkin yang harus di-highlight di sini lebih kepada bagaimana sang ibu, sang orang tua, sang caregiver, mengganti popok anak sebelum dia menjadi terlalu lembab, gitu, sehingga menyebabkan ruam pada bagian pantat bayi,” ujar Andien ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pekan ini.

Hal itu diamini oleh Dokter Spesialis Anak dr. Citra Amelinda, yang mengatakan bahwa popok memang seyogianya diganti setiap 4 jam sekali. Kebiasaan tersebut dinilai penting untuk mencegah iritasi dan sejumlah infeksi pada bayi.

“Kalau untuk popok, digantinya setiap empat jam sekali, untuk mencegah iritasi, mencegah infeksi saluran kemih, dan lain-lainnya,” ujar dr. Citra saat ditemui dalam kesempatan yang sama.

Selain itu, Andien juga memberikan sederet tips yang biasa ia lakukan untuk memilih popok yang ideal untuk sang anak. Ia pun mengaku lebih cenderung memilih popok yang memiliki tekstur permukaan yang lembut, sehingga nyaman untuk permukaan kulit bokong bayi yang cenderung sangat lembut.

“Yang kedua adalah dari daya serapnya. Kalau tingkat penyerapannya kayaknya tidak terlalu baik, ya pastinya, akhirnya juga kita jadi harus mengganti popok lebih sering lagi, gitu. Maka itu, diperlukan yang daya serapnya juga baik,” jelas Andien.

Tak hanya itu, menurutnya, hal yang paling tak kalah penting dari pemilihan popok bayi adalah memastikan ukuran popok itu sesuai. Pasalnya, akan ada dampak-dampak yang kurang baik, apabila bayi menggunakan popok dengan ukuran yang tidak sesuai.

Andien mengatakan, ukuran popok yang terlalu besar untuk si anak berpotensi lebih besar juga untuk menyebabkan hasil pembuangan mereka merembes keluar popok. Sementara itu, popok yang terlalu kecil pun dapat menyebabkan sang anak merasa tidak nyaman saat memakainya. “Jadi memang harus pas sekali,” ucapnya.