Home Gaya Hidup Suka Tebar Pesona, Takut Terungkap Aslinya, Mimpinya Telanjang Kata Pakar

Suka Tebar Pesona, Takut Terungkap Aslinya, Mimpinya Telanjang Kata Pakar

London, Gatra.com- Apa artinya sebenarnya jika bermimpi telanjang di depan umum, terperangkap tsunami hingga diselimuti serangga? Para ahli kami mengungkapkan mimpi buruk itu bisa menjadi peringatan penting. Demikian Daily Mail, 25/08.

Dikejar setan, berdiri telanjang di depan orang banyak atau dibekukan dalam ketakutan tidak bisa berteriak. Kita semua memiliki mimpi buruk — tetapi apa maknanya untuk kita?

Aristoteles percaya bahwa mereka dapat memprediksi penyakit, sementara psikoanalis Sigmund Freud dan Carl Jung mempopulerkan interpretasi mimpi sebagai sumber pengetahuan diri yang penting.

Menariknya, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mimpi buruk sangat bervariasi menurut tempat tinggal. Setan mengintai mimpi buruk orang Spanyol, dan orang Jerman terbangun dengan ngeri setelah bermimpi buruk tentang mengemudi.

Apa yang dikatakan mimpi buruk tentang kita? Aristoteles percaya bahwa mereka dapat memprediksi penyakit, sementara psikoanalis Sigmund Freud dan Carl Jung mempopulerkan interpretasi mimpi sebagai sumber pengetahuan diri yang penting.

Sementara itu, mimpi buruk tentang lebah hanya terjadi di Inggris. Banyak terapis percaya bahwa isi mimpi buruk terkait dengan kebutuhan, frustrasi, dan kecemasan yang tidak terpenuhi.

"Mimpi dan mimpi buruk adalah pesan metafora bawah sadar untuk membantu kita menavigasi hidup lebih baik," kata Dipti Tait, seorang psikoterapis dan hipnoterapis yang mengkhususkan diri pada tidur.

"Penting untuk memperhatikan mimpi dan mimpi buruk kita, terutama yang berulang, karena pesan ini berisi petunjuk bagi otak untuk menyelesaikan masalah kita dan mencari solusi," katanya.

Berikut tafsirk mimpi buruk menurut pakar.

Dikejar Setan

Dikejar setan atau monster adalah salah satu mimpi buruk yang paling umum. Sering menunjukkan bahwa Anda merasa terancam dan putus asa untuk melarikan diri dari sesuatu dalam kehidupan nyata Anda namun merasa tidak mampu melakukannya. Dreamscape merespons kecemasan yang mengalir di sekitar sistem saraf Anda, kata Dipti Tait.

"Sesuatu dalam hidup Anda tidak seimbang dan Anda sangat waspada. Mungkin ada unsur penyangkalan di sekitar situasi tersebut. Ini juga bisa berarti bahwa Anda merasa di luar kendali dalam suatu hubungan, bahwa ada keseimbangan kekuatan yang sulit, atau bahwa sesuatu dari masa lalu Anda telah muncul kembali di masa sekarang Anda," ulasnya.

Untuk menghentikannya, atasi mimpi buruk secara langsung, kata ahli hipnoterapi klinis dan kognitif Sarah Bick, yang bekerja dengan pikiran bawah sadar. "Berhentilah berlari dan biarkan apa pun yang mengejarmu datang kepadamu. Berbalik dan hadapi tanpa perlawanan [dalam mimpi]," katanya.

Tersesat dan Panik

Bermimpi tersesat sering kali melibatkan rasa panik tanpa arah, menunjukkan bahwa Anda tidak tahu ke mana arah hidup Anda. Mimpi seperti itu bahkan dapat dikaitkan dengan kesedihan.

"Mungkin Anda merasa kehilangan tujuan atau identitas," saran Dipti. "Anda telah tiba di persimpangan atau persimpangan jalan dalam hidup Anda dan tidak yakin jalan mana yang harus diambil," tambahnya.

"Anda merasa seolah-olah tidak ada orang di sekitar untuk membantu Anda. Mungkin ada perubahan atau kehilangan yang signifikan dalam hidup Anda, mungkin kematian, karena perasaan kehilangan ini terkait dengan duka yang mendalam," urainya.

Namun, bermimpi bahwa Anda tersesat tidak selalu merupakan hal yang negatif — itu bisa berarti bahwa Anda sedang mempelajari hal-hal baru, seperti ketika memulai pekerjaan baru.

Jika Anda mengalami mimpi buruk seperti ini, bicarakan dengan teman, mentor, atau terapis, kata Dipti. 'Merasa tersesat adalah sinyal bahwa otak Anda tidak dapat melihat pilihan yang tersedia dan seringkali mimpi ini berarti bahwa kita memerlukan beberapa bimbingan eksternal untuk kembali ke jalurnya," ungkapnya.

Bencana Alam

Entah itu tsunami, gempa bumi atau kebakaran hutan, gambaran mental yang terjebak dalam bencana alam seringkali merupakan simbol dari 'kekacauan psikis atau interpersonal' dan kurangnya kendali.

"Orang tua baru melaporkan jenis mimpi ini - mengkhawatirkan sesuatu yang lebih besar dari mereka dan tidak mampu melindungi dan merawat anak-anak mereka secara memadai," kata Dipti.

Ahli penyembuh energi dan trauma Britta Hochkeppel percaya jenis peristiwa alam dalam mimpi buruk berhubungan langsung dengan emosi yang ditekan yang perlu diungkapkan.

Air mewakili air mata atau ketakutan, api frustrasi atau kemarahan, badai perasaan kewalahan atau kebingungan. "Otak Anda mencoba membuat Anda sadar bahwa Anda perlu mengekspresikan dan melepaskan untuk menciptakan kembali kedamaian batin," katanya.

Agar merasa kurang rentan, Anda harus 'meminimalkan bencana otak' dan fokus pada saat ini, mencari hal-hal kecil dan praktis yang dapat Anda lakukan daripada membiarkan kecemasan menguasai.

Mimpi Orang yang Disayangi Mati

Bermimpi tentang orang yang Anda cintai sekarat bukanlah pertanda buruk dari kematian mereka yang akan datang, tetapi itu mungkin melambangkan perubahan.

"Sesuatu dalam hidup Anda atau dalam jiwa Anda tidak melayani Anda lagi dan ada kebutuhan untuk perubahan," kata Anna Sergent, seorang psikolog dan psikoterapis psikoanalitik yang berbasis di London Utara.

"Itu juga bisa berarti akhir dari sesuatu. Mungkin sudah waktunya untuk keluar dari hubungan atau pekerjaan?" tambahnya.

"Itu bisa berarti bahwa hidup Anda sedang mengalami transformasi dan mungkin Anda takut akan perubahan itu. Mungkin berguna untuk melihat kualitas atau hubungan Anda dengan orang yang meninggal dalam mimpi Anda dan bagaimana hubungannya dengan kehidupan Anda saat ini," ungkapnya. 

Dipti setuju, mencatat bagaimana perubahan dan kesedihan terkait secara simbolis. "Kesedihan tidak harus berhubungan dengan kematian. Ini adalah cara otak memproses segala jenis kehilangan mendadak atau perubahan signifikan," katanya.

Tapi itu juga bisa menjadi tanda Anda takut ditinggalkan - atau bahwa ada terlalu banyak ketergantungan bersama dalam suatu hubungan dalam hidup Anda. "Adalah ide yang baik untuk mencari tahu bagaimana mengatasi ketidakseimbangan ketergantungan dan kemandirian dalam hubungan yang Anda miliki," imbuhnya.

Membeku Tidak Bisa Bergerak

Menjadi tidak bisa bergerak karena ketakutan — atau dalam situasi di mana Anda terjebak, seperti terjebak di pasir yang tenggelam atau tenggelam — sangat umum terjadi. "Ini melambangkan stagnasi, ketidakefektifan, atau membeku dalam semacam situasi dalam hidup," kata Anna.

"Mimpi tidak dapat bergerak mungkin melambangkan bahwa kita tidak boleh memaksakan situasi tertentu tetapi tetap diam, mengamati, dan merenung. Namun, ini mungkin juga merupakan fenomena yang bukan mimpi tetapi pengalaman yang dikenal sebagai kelumpuhan tidur - di mana tubuh kita tidur dan pikiran kita tampaknya terjaga," kata Anna.

Kelumpuhan tidur juga dapat bermanifestasi sebagai kunjungan 'setan' yang duduk di dada Anda, seperti dalam lukisan The Nightmare tahun 1781 oleh seniman Swiss Henry Fuseli. Rekaman pertama dari mimpi buruk semacam ini dimulai pada 2.400 SM.

Bisu Tidak Bisa Berteriak

Tidak dapat menangis dalam mimpi adalah bentuk lain dari kelumpuhan tidur - tetapi itu juga bisa menjadi tanda bahwa Anda kehilangan kepercayaan diri dan menderita sindrom penipu dalam kehidupan nyata Anda, kata Dipti. "Anda merasa seolah-olah tidak memiliki suara atau kredibilitas. Tidak ada yang mendengarkan Anda. Anda merasa tertutup dan diabaikan, membuat Anda bisu," katanya.

Jika dibiarkan berbahaya, dia memperingatkan. Emosi yang dalam dan tidak terekspresikan pada akhirnya akan 'membangun menjadi ledakan kemarahan' — dan Anda harus menemukan cara untuk mengomunikasikan apa yang perlu Anda katakan dengan jelas dan tenang sebelum itu terjadi.

Mobil di Luar Kontrol

"Anda mungkin mengalami mimpi tentang mengemudi di luar kendali bahkan jika Anda tidak mengemudi," kata Anna. "Ini melambangkan perasaan kurang kontrol, mencoba menguasai sesuatu tetapi tidak berhasil - atau bisa juga melambangkan bahwa Anda mengambil terlalu banyak dalam hidup Anda dan bahwa Anda sedang mengalami kelelahan.

Tabrakan mobil juga dapat melambangkan bahwa Anda tidak yakin tentang masa depan - dan takut bahwa beberapa pilihan Anda mungkin tampak seperti bencana.

"Mungkin hidup Anda telah menyimpang ke arah yang tidak Anda harapkan," tambah Dipti. "Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa pesan ini membantu Anda kembali ke kursi kemudi dalam hidup Anda dan memberitahu Anda untuk tidak terpengaruh oleh orang lain yang mencoba menarik Anda keluar jalur," terangnya.

Tabrakan mobil juga dapat melambangkan bahwa Anda tidak yakin tentang masa depan — dan takut bahwa beberapa pilihan Anda mungkin tampak seperti bencana

Menyerang Orang Lain

Mimpi di mana Anda menyerang orang lain biasanya melambangkan ketidakberdayaan, kemarahan, dan kekurangan sumber daya. "Ini adalah pikiran bawah sadar Anda yang membantu Anda menjaga kewaspadaan dan menjauhkan diri dari bahaya," kata Dipti.

"Mungkin Anda merasa seolah-olah wilayah Anda telah diretas, atau ruang pribadi atau profesional Anda entah bagaimana telah dilanggar, dan ini adalah pesan bagi Anda untuk mencari cara bagaimana menegaskan diri Anda tanpa rasa takut," katanya.

"Ini mungkin berarti bahwa Anda merasa frustrasi tentang hidup Anda sendiri atau sifat kepribadian atau kebiasaan Anda yang tidak Anda terima - mungkin siapa yang Anda serang bisa bermakna dalam interpretasi," tambah Anna.

Tidak Siap Ujian

Ini adalah mimpi orang yang menyenangkan — ini adalah mimpi buruk yang dialami oleh seseorang yang biasanya memikirkan orang lain lebih dari diri mereka sendiri. Ini juga menunjukkan perasaan tidak mampu atau penghinaan dan kebutuhan akan belas kasih diri.

Tidak siap menghadapi ujian adalah "impian orang-orang yang senang - ini adalah mimpi buruk yang dialami oleh seseorang yang biasanya memikirkan orang lain lebih dari diri mereka sendiri," menurut Dipti

"Mungkin kecenderungan perfeksionisme Anda sedikit tidak seimbang?" kata Dipti.

"Mungkin Anda merasa bersalah atas sesuatu, serta keluar dari kedalaman Anda dan mengambil terlalu banyak. Anda khawatir tentang kemampuan Anda. Mungkin ada masalah kepercayaan di sini, yang dapat dengan mudah diselesaikan. Ini adalah mimpi untuk mengingatkan Anda bahwa "Anda sudah cukup" dan memberi diri Anda sedikit kelonggaran."

Telanjang atau Cuma Pakai Cawat

"Jika seseorang melihat diri mereka telanjang dalam mimpi, maka mereka takut rasa tidak aman mereka akan terungkap," kata ahli terapi energi dan trauma Britta Hochkeppel.

"Ini juga bisa menunjukkan rasa takut terekspos: mereka mungkin berpura-pura menjadi seseorang, tetapi kenyataannya, mereka bisa menampilkan citra palsu dalam kehidupan sehari-hari," katanya. Tebar pesona tidak sesuai kenyataan, takut terungkap, mimpinya telanjang.

Dipti setuju. "Mimpi buruk ini mewakili kebenaran tentang siapa Anda dan mungkin menunjukkan bahwa keyakinan inti batin Anda telah ditantang dalam beberapa cara," katanya.

"Mungkin ada serangan terhadap karakter Anda atau nilai-nilai Anda telah dikompromikan. Anda merasa terbuka dan sangat rentan: ini merupakan indikasi rasa malu dan bersalah dalam sistem emosional Anda," katanya.

Jika pembacaan mimpi buruk ini tidak benar, mungkin ada interpretasi yang lebih positif, kata Anna. Telanjang mungkin menunjukkan bahwa Anda hanya perlu membebaskan diri dari beberapa konvensi atau batasan yang menghentikan Anda dari kemajuan dalam hidup Anda.

Dikerubungi Serangga

Serangga ini biasanya mewakili masalah kehidupan nyata yang sekarang merangkak dan menggali jalan mereka ke dalam pikiran tidur Anda. Mimpi semacam ini juga bisa melambangkan rasa jijik pada diri sendiri.

"Mimpi buruk ini adalah pesan dari pikiran bawah sadar Anda ke pikiran sadar Anda yang akan terus merayap dan merayapi Anda sampai Anda mendengarkan dan mengambil tindakan," kata Dipti.

"Tersengat dalam mimpi menunjukkan terluka atau "tersengat" oleh masalah ini. Mimpi itu bisa, seperti tawon, terus-menerus mengganggu karena mencoba menarik perhatian Anda," katanya.

Cari tahu apa masalahnya dan atasi — jika tidak, itu akan terus mengganggu Anda.

Gigi Tanggal

Di dunia hewan, gigi adalah alat untuk mencengkeram. "Simbolisme gigi rontok bisa berarti kehilangan pegangan - dari apa yang tergantung pada individu - hubungan, rasa realitas, kontrol," kata Dipti.

Atau mungkin kita takut kehilangan sesuatu yang berharga bagi kita dan bagaimana kita dipersepsikan. Dia menambahkan: "Gigi kita juga merupakan garis depan senyum kita. . . jadi ketika kita memimpikan ini hilang, mungkin kita juga diam-diam khawatir tentang sesuatu yang berharga diambil dari kita. Mungkin sebuah penghargaan, penurunan pangkat atau kita merasa tidak diakui dan tidak dihargai. Ada sesuatu yang menghalangi kita untuk terpenuhi."

Dapatkan kembali kepercayaan diri Anda untuk tersenyum penuh senyum lagi.