Home Gaya Hidup Catat! Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon Kembali Digelar

Catat! Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon Kembali Digelar

Jakarta, Gatra.com - Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon kembali hadir pada tahun ini. Perhelatan akbar yang rutin digelar di Kabupaten Pasuruan ini akan berlangsung pada 10-11 September 2022.

Mengambil tema "Music, Sports, and Climate", Plataran Bromo Xtravaganza dilaksanakan bersamaan dengan Bromo Marathon, menggabungkan pentas budaya dan musik berskala nasional secara hybrid (offline dan virtual); olahraga lari maraton di lintasan menantang hingga easy walk menyenangkan di Plataran Bromo Resort & Venue; serta pameran produk UMKM.

Bromo Marathon sendiri merupakan acara lari maraton tahunan di Tosari, Kabupaten Pasuruan. Pertama kali dilaksanakan di tahun 2013, lari marathon di lintasan tak biasa yaitu di wilayah pegunungan Bromo Tengger Semeru ini sudah dikenal hingga mancanegara. Diikuti oleh lebih dari 900 pelari yang berasal dari lebih 30 negara. Kegiatan ini menjadi salah satu daya tarik wisata Kabupaten Pasuruan

Pada acara ini, Plataran Bromo Xtravaganza  turut menyajikan serangkaian sajian yang bahan bakunya berasal dari kebun masyarakat lokal melalui festival kuliner, hingga kerajinan karya UMKM Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mengatakan Pemerintah Daerah Pasuruan siap mendukung penuh kegiatan Plataran Bromo Xtravaganza melalui kesenian binaan pemerintah dan juga UMKM sekitar.

"Termasuk masyarakat akan kami siapkan untuk dapat menyambut wisatawan dan pelari yang datang ke acara Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon. Kami bersyukur dengan adanya Plataran Bromo, kegiatan pariwisata semakin maju di Pasuruan, khususnya di Tosari," ujar Irsyad Yusuf dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (25/8).

Sementara itu, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Rizki Handayani menyebut Bromo Xtravaganza merupakan kegiatan yang melengkapi kemegahan Bromo Marathon.

Menurut Rizki, peserta lari marathon tidak hanya dimanjakan oleh pemandangan alam Bromo yang menakjubkan, tetapi juga dapat menikmati sisi kebudayaan dan hiburan.

"Hal ini tentu membedakan dengan gelaran marathon pada umumnya. Event ini juga diharapkan mampu mendorong kebangkitan ekonomi, membuka peluang usaha melalui keterlibatan UMKM, dan juga untuk promosi destinasi wisata," jelas Rizki.

CEO & Founder Plataran Indonesia, Yozua Makes mengatakan kegiatan Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon merupakan acara yang unik karena menggabungkan musik, olahraga dan alam.  Kegiatan ini, kata Yozua, menjadi ikonik wisata Kabupaten Pasuruan, diselenggarakan di 'atas awan' karena berada pada wilayah di ketinggian pegunungan bromo.

"Event ini merupakan event unik karena menggabungkan sekaligus “musik-sport-alam” yang diselenggarakan secara ikonik di atas awan dan dikelilingi gunung-gunung dan perbukitan serta pandangan lepas ke laut yang menjadikannya konser musik, sport, dan alam ini satu-satunya di Indonesia apalagi dengan pendekatan hybrid music show," kata Yozua Makes.

Sebagai informasi, Bromo Marathon tahun akan diselenggarakan pada 11 September 2022 dengan garis start dan finish berada Plataran Bromo sebagai Official Race Venue.

Adapun puncak acara Plataran Bromo Xtravaganza dan Bromo Marathon yaitu diselenggarakannya Live Concert di atas awan dengan tajuk "Dari Bromo untuk Nusantara yang digelar di Plataran Bromo - Putri Dewi Amphitheater. Bekerjasama dengan Don Sistem Suara Indonesia (DSS Indonesia) acara ini akan menampilkan barisan penyanyi legendaris seperti Syaharani dan Trie Utami, dan juga barisan artis milenial dari Surabaya, Malang dan Jakarta. Ditargetkan acara Live Virtual Concert dengan artis-artis legendaris Indonesia dapat menarik lebih dari 70.000 penonton.