Home Teknologi Perkuat Ekosistem Digital, Kominfo Gelar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022

Perkuat Ekosistem Digital, Kominfo Gelar Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022

Jakarta, Gatra.com – Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Ditjen Aptika Kemkominfo) kembali menyelenggarakan Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022 bertajuk Indonesia Maju #MulaidariKamu. Program tersebut merupakan upaya para penggerak ekosistem startup digital Indonesia yang diinisiasi sejak 2016 dengan tujuan menciptakan perubahan sekaligus menghadirkan solusi lewat teknologi digital.

Program yang berfokus pada pengembangan talenta digital ekosistem startup itu akan dimulai dengan tahapan Ignition pada 27 Agustus 2022 di Jakarta. Menkominfo Johny G. Plate menyatakan, Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diharapkan semakin memperkuat daya saing digital terutama dalam membangun talenta digital yang terampil, cekatan dan berwawasan dalam mengembangkan kewirausahaan memasuki era tech winter yang penuh tantangan.

Sejak tahun pertama diluncurkan, Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah berhasil memfasilitasi lebih dari 100.000 calon pendiri startup dan merintis lebih dari 1.400 startup yang melingkupi berbagai ragam industri. Angka tersebut diprediksi akan terus meningkat seiring pelaksanaan program di tahun ke-7.

Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diawali dengan tahapan Ignition yang terbagi dalam tiga agenda utama, yakni tech conference di mana para early-founder dan calon startup founder akan mengikuti rangkaian kegiatan konferensi dan panel diskusi dengan ragam topik mengenai tren sekaligus tantangan seputar industri startup dan teknologi digital.

Kegiatan yang juga dihadirkan dalam format hybrid tersebut, memungkinkan bagi para pelaku startup dari seluruh Indonesia dan regulator dari industri terkait untuk membangun pemahaman dalam mengadopsi teknologi terbaru yang mendukung perkembangan startup digital yang inovatif dan berkelanjutan.

Terdapat dua agenda lainnya dari tahapan Ignition, yaitu ecosystem networking yang membuka peluang bagi pelaku startup untuk terhubung dengan stakeholder potensial secara eksklusif dan Demo Day di mana sepuluh early founders yang terpilih dari tahapan Hatch! by 1000 Startup Digital dapat mempresentasikan business model yang terkurasi di hadapan stakeholder.

Selain tahapan Ignition, Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital juga mencakup empat tahapan lainnya yaitu Workshop, Hacksprint, Bootcamp, dan Hatch!. Rangkaian kegiatan tersebut akan memandu peserta mematangkan dan mengeksekusi ide, membangun tim, menguji produk hingga mengakselerasikan startup agar membawa dampak nyata dan memberikan solusi terhadap permasalahan digital.

Koordinator Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, Sonny Sudaryana mengatakan, sepanjang 2020-2021, fokus utama Program Gerakan 1000 Startup Digital adalah Pemulihan Ekonomi Nasional. Sementara, program pada tahun ini difokuskan pada pemerataan jangkauan program dengan menyasar 17 hub dan mencakup 34 provinsi di Indonesia untuk dapat membentuk talenta digital yang berkualitas serta membangun ekosistem startup digital yang kolaboratif.

“Untuk itu, kami berupaya menghadirkan format program yang lebih fleksibel, yakni dengan menyediakan layanan aplikasi mobile 1000Startup Digital yang tersedia baik di Google Play dan Apple Store untuk memfasilitasi seluruh tahapan Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital secara online,” kata Sonny.

Untuk tahapan Ignition, Sonny optimis dapat menyebarkan semangat kolaborasi pemanfaatan teknologi digital di seluruh daerah di Indonesia. “Kami menarget Ignition tahun ini akan dihadiri oleh sekitar 400 peserta offline dan menjangkau lebih dari 20.000 peserta online dari seluruh Indonesia,” ujar Sonny.

Menyadari pentingnya semangat kolaborasi perkembangan ekosistem digital, Ditjen Aptika Kominfo turut menggandeng stakeholder dari beragam sektor dalam program tersebut. Mulai dari VC (Venture Capitalist), startup Decacorn, Unicorn, Centaur ternama di Indonesia, regulator dan pelaku industri lainnya.

Keseluruhan tahapan dari Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2022 akan berlangsung delapan bulan, dari Agustus 2022 hingga Maret 2023. Dalam prosesnya, peserta akan dibimbing intensif oleh mentor profesional, khususnya pada tahapan Bootcamp dan Hatch!. Tak hanya dari bidang digital, para mentor juga merupakan praktisi industri dari berbagai latar belakang dan keahlian. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 400 mentor dan 300 penggerak lokal yang tergabung dalam Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Untuk mengikuti program ini, calon peserta, baik perorangan maupun tim, dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi mobile 1000StartupDigital. Aplikasi yang diluncurkan pada 2021 tersebut ditujukan sebagai ruang bagi peserta untuk saling terhubung dan berbagi pengetahuan serta pengalaman. Pengguna bisa mendapatkan berbagai informasi di antaranya jadwal kegiatan, kelas daring, materi pembelajaran mandiri seperti video podcast, e-book, artikel, hingga fitur mentorship. Tahapan Ignition dapat disaksikan secara langsung melalui landing page event ignition.1000startupdigital.id.