Home Kesehatan Kenali Gizi Penting Ini untuk Ibu Hamil dan Menyusui Agar Cegah Stunting

Kenali Gizi Penting Ini untuk Ibu Hamil dan Menyusui Agar Cegah Stunting

Jakarta, Gatra.com - Memenuhi gizi pada ibu hamil dan menyusui adalah suatu hal penting yang perlu dilakukan terutama saat periode emas di 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK). Periode yang dimulai sejak kehamilan hingga buah hati berusia 2 tahun ini merupakan masa penting untuk mencegah stunting pada buah hati.

Perkembangan dan kesehatan buah hati di masa depan, sangat ditentukan oleh kualitas gizi sejak dalam kandungan. Lalu gizi penting apa saja yang perlu dikonsumsi ibu supaya buah hati juga terhindar dari stunting? Simak penjelasan berikut ini.

1. Asam Folat

Gizi satu ini tentunya tidak boleh terlewat di masa kehamilan. Salah satu fungsinya untuk mencegah terjadi kelainan seperti cacat tabung saraf menjadikan asam folat penting dikonsumsi sebelum ibu mengalami kehamilan, mengingat perkembangan susunan saraf pusat ini terbentuk di 8 minggu pertama kehamilan. Selain itu, fungsi lainnya adalah untuk pembentukan DNA dan pembentukan sel darah merah untuk mencegah ibu hamil mengalami anemia. Asam folat ini bisa didapat dari brokoli, bayam, kacang-kacangan, telur, dan biji-bijian .

2. Kalsium

Kalsium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk pembentukan tulang dan sel-selnya. Pasalnya, buah hati di dalam kandungan akan mengambil cadangan kalsium dari tulang ibu jika kebutuhannya kurang terpenuhi. Selain itu kalsium berfungsi untuk menurunkan risiko terjadinya hipertensi, mencegah osteoporosis, dan membantu memberikan rangsangan pada saraf.

3. Zat Besi

Kebutuhan gizi satu ini pada ibu hamil lebih tinggi daripada kondisi saat sebelum hamil. Salah satu fungsinya adalah meningkatkan massa hemoglobin (protein dalam sel darah merah) karena adanya penambahan massa tubuh ibu dan buah hati. Zat besi ini bisa didapat dari bayam, daging ayam, daging sapi, telur, tahu, ikan, udang, dan kacang-kacangan.

4. Omega 3

Salah satu jenis asam lemak esensial yang bisa didapat dari ikan segar, telur, kacang kedelai, biji-bijian ataupun minyak ikan ini berperan dalam pembentukan otak dan mata buah hati, serta sistem kekebalan tubuhnya. Selain itu, bagi ibu hamil, omega 3 ini dapat mencegah persalinan prematur serta menurunkan risiko preeklamsia (peningkatan tekanan darah saat kehamilan).

5. Protein

Permasalahan pada ibu hamil dan menyusui salah satunya adalah konsumsi karbohidrat yang berlebihan tanpa memperhatikan pentingnya protein dalam makanan harian. Padahal, protein berfungsi untuk sistem kekebalan tubuh, pembentukan hemoglobin, pembentukan organ tubuh buah hati. Sumber dari gizi yang satu ini adalah dari ikan, telur, ayam, tahu, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Bukan hanya itu, sebenarnya salah satu protein terbaik dan mudah dicerna adalah dari susu.

Salah satu susu yang bisa dikonsumsi ibu hamil dan menyusui dalam pemenuhan kebutuhan gizi hariannya serta mencegah terjadinya stunting pada buah hati adalah PRENAGEN LOVA.

PRENAGEN LOVA mengandung PROTEIN yang berguna untuk menjaga sistem imun tubuh ibu, membentuk organ tubuh buah hati, mencegah bayi lahir prematur (Berat Bayi Lahir Rendah), dan stunting. Gizinya yang lengkap telah disesuaikan dengan kebutuhan gizi harian para ibu.

Selain protein, PRENAGEN LOVA dengan rasa yang enak ini juga mengandung tinggi asam folat, minyak ikan, tinggi kalsium, vitamin D, zat besi, dan daun katuk. Daun katuk yang ada di PRENAGEN LOVA ini memiliki berbagai manfaat untuk pertumbuhan jaringan, plasenta, serta otak bayi, membantu memelihara kesehatan ibu dan buah hati, serta memperlancar ASI pada ibu menyusui.

Ayo penuhi gizi penting harian untuk mencegah stunting pada buah hati dengan memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya, serta lengkapi dengan minimal segelas PRENAGEN LOVA setiap harinya. Gizi lengkap dan harganya juga terjangkau hanya Rp 15.000.

 

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR